Kostrad Gelar Kejuaraan Karate

In Depok Sport, Metropolis
Rubiakto/Radar Depok
JUARA: Kepala Staf Divisi Infanteri 1 Kostrad, Brigjen TNI Joko Putranto saat mengalungkan mendali kepada juara Piala Panglima Divisi Infanteri 1 Kostrad.

DEPOK-Guna menilik bakat atlet di Kota Depok. Divisi lnfanteri 1 Kostrad, menggelar turnamen kejuaraan Karate Piala Panglima Divisi Infanteri 1 Kostrad. Kejuaraan yang dilaksanakan Sabtu-Minggu (10-11/3), dibuka Kepala Staf Divisi infanteri 1 Kostrad, Brigjen TNI Joko Putranto.

Kepada Harian Radar Depok, Jenderal Bintang Satu ini menyebutkan, Kejuaraan Karate ini digelar dalam rangka mendukung pola pembinaan FORKI Divisi 1 Kostrad, dalam aktivitas pembinaan prestasi Karate muda berbakat.

Menurutnya, program pembinaan dilalui melalui pola kompetisi yang dimulai dari tingkat pembinaan usia dini. Pra pemula, pemula Cadet, Junior sampai dengan senior. “Ini kegiatan pertama, semoga ini bisa berkelanjutan menjadi sebagai jenjang prestasi,” kata Joko Putranto.

Dia berharap, kegiatan tersebut sebagai sarana untuk persiapan dan pemantauan atlet-atlet, khususnya atlet DIVISI 1 Kostrad yang akan mengikuti kejuaraan Panglima TNI tahun 2018. Banyak atlet berbakat di Kota Depok yang mampu mengharumkan nama bangsa. Selain itu, potensi karateka dari daerah lain juga sangat menonjol, terbukti banyak peserta yang datang dari berbagai daerah untuk mengikuti kejuaraan. “Banyak yang datang dari luar daerah maupun luar provinsi,” terang Joko.

Ajang tersebut juga dilakukan sebagai pencarian bakat untuk dapat direkrut menjadi anggota TNI. “Mungkin saja, nanti akan dilakukan penerimaan anggota TNI AD, kita bisa seleksi anggota dari juara dalam ajang beladiri yang dilakukan Kostrad,” tegasnya.

Sementara, materi pertandingan yang dilakukan dalam kejuaraan tersebut antara lain Kategori Usia dini usia 7-9 tahun putra, kata perorangan kumite 30 kg, kumite + 35 kg. Putri kata perorangan kumite 25 kg dan kumite +25 kg. Pra pemula Putra 10 sampai 11 tahun kata perorangan kumite 35 kg kumite + 35 kg , Putri kata perorangan kumite 30 kg. kumite + 30 kg.

Selain itu, pemula usia 12 sd 13 tahun putra kata perorangan kata beregu kumite 45 kg, 50 kg dan + 50 kg putri kata perorangan kata beregu kumite 35 kg,40 kg, kumite + 40 kg. Cadet usia 14 sd 15 tahun kata perorangan dan beregu putra kumite 52 kg, kumite 57 kg, kumite 63 kg, kumite 70 kg. Kumite +70 kg.

Kata perorangan dan beregu putri kumite 47 kg, 54 kg dan kumite + 54 kg. Junior usia 16 sd 17 tahun kata perorangan dan beregu putra kumite 55 kg. Kumite 61 kg, kumite 68 kg, kumite -76 kg, kumite + 76 kg. Kata peorangan dan beregu putri kumite 48 kg. Kumite 53 kg. Kumite 59 kg dan kumite =+59 kg.

Dan Senior usia 17 26 tahun kata perorangan dan beregu putra kumite 55 kg, kumite 60 kg, kumite 67 kg. Kumite 75, kumite 84 kg dan kumite + 84 kg sarta kategori putra perorangan dan beregu yaitu kumite 50 kg. kumite 55 kg, kumite 81 kg. Kumite 68 kg. dan kumite + 68 kg.

Melalui momen ini, Brigjen TNI Joko Putranto berharap bisa membangkitkan kepedulian anak bangsa Indonesia untuk mengembangkan dan memajukan Karate Indonesia, sehingga pada akhirnya bisa memunculkan atlet karate yang berprestasi. Baik dalam lingkup nasional maupun Internasional, serta turut mendukung program Kemenpora untuk menyaring Atlet berbakat khususnya Atlet karate, sehingga siap bertanding di kancah Internasional.(cr2)

You may also read!

Awas Terpeleset

RUSIA – Kolombia akan segera berhadapan dengan Jepang dalam perhelatan perdana mereka di ajang Piala Dunia 2018 pada Selasa

Read More...

Diintai Swedia, Korea Ganti Nomor Punggung

SAINT PETERSBURG – Pelatih Timnas Republik Korea, Shin Tae-yong punya cara unik membuat bingung Swedia, jelang bentrok dua negara

Read More...

6 Bulan Meksiko Persiapkan Taktik Lawan Jerman

MOSCOW – Arsitek timnas Meksiko, Juan Carlos Osorio mengklaim kemenangan 1-0 pasukannya atas Jerman di matchday 1 Grup F

Read More...

Mobile Sliding Menu