JPU Surati Syahrini dan Vicky Shu

In Utama
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
SIDANG SAKSI FIRST TRAVEL : Terdakwa kasus dugaan penipuan dan penggelapan biro perjalanan umrah First Travel, Andika Surachman, Anniesa Hasibuan, dan Kiki Hasibuan saat menjalani sidang dengan agenda keterangan saksi dari JPU di Pengadilan Negeri Kota Depok, kemarin. Sidang tersebut untuk mendengarkan keterangan saksi yang dihadirkan pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU) yaitu dari para korban jamaah First Travel.

DEPOK – Sering disebut dalam persidangan kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) First Travel, Syahrini dan Vicky Shu sudah disurati kejaksaan dua minggu lalu guna diminta menjadi saksi karena banyak disebut sejumlah saksi atau korban dalam persindangan TPPU First Travel.

Menurut Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam persidangan dugaan pencucian uang First Travel, JPU telah mengirimkan surat pemanggilan pertama kepada dua artis, Syahrini dan Vicky Shu.

Pasalnya, banyak jamaah yang tergiur untuk umroh dengan menggunakan jasa First Travel karena pengaruh dari Syahrini dan Vicky Shu. “Syahrini dan Vicky Shu sudah menerima surat panggilan pertama sekitar dua minggu lalu, sebagai saksi untuk kegiatan sidang dugaan penipuan first travel jamaah umrah, ” kata Ketua Tim PJU, Sufari usai sidang, Senin (12/3).

Surat pemanggilan terhadap artis sebagai saksi dalam kasus dugaan penipuan ribuan orang calon jamaah umrah first travel sudah dikirim ke mereka dua minggu lalu untuk dapat hadir sebagai saksi dalam kasus tersebut.

“Untuk waktu, sesuai surat panggilan pertama itu, saksi agar dapat hadir setiap minggu di hari Senin atau Rabu saat sidang berlangsung di PN Depok, ” katanya.

Sufari, yang menggantikan posisi Heri Jerman mengatakan kasus ini menjadi perhatian masyarakat Indonesia karena jumlah orang yang diduga menjadi korban penipuan mencapai 63 ribu orang lebih di sejumlah kota besar.

Sementara itu, dalam persidangan kasus TPPU yang ke-5 JPU hanya menghadirkan empat saksi dari jamaah yang tertipu, padahal sebelumnya JPU menjanjikan akan menghadirkan sebelas orang saksi di persidangan.

Keempat saksi yang dihadirkan merupakan calon jemaah yang menjadi korban penipuan dan penggelapan oleh perusahaan tersebut. Mereka bersaksi untuk ketiga terdakwa, yaitu Direktur Utama First Travel Andika Surachman, Direktur First Travel Anniesa Hasibuan, dan Komisaris Utama Kepala Divisi Keuangan First Travel Siti Nuraidah Hasibuan alias Kiki.

Sedangkan, aktris sekaligus penyanyi Syahrini dan Vicky Shu akan bersaksi dalam sidang bos First Travel pada Rabu (14/3) mendatang.

Hal tersebut disampaikan Jaksa Tri Sumarni saat dimintai konfirmasi di Pengadilan Negeri Depok, Jawa Barat, Senin (12/3). “Rabu (14/3) di jadwal kita. Tunggu saja,” kata jaksa Tri Sumarni.

Sementara, para calon jemaah yang dihadirkan adalah Suprapti (38), Marsonah (48), Dini Lalita (53), dan Iriyanti (56).

Dalam kesaksiannya, Iriyanti mendesak uangnya dikembalikan. Dirinya mempertanyakan uang yang telah mereka setorkan ke First Travel. Saat dihadirkan sebagai saksi, Iriyanti meminta pihak perusahaan bertanggungjawab dan mengembalikan uang mereka utuh.

“Uang kami minta dikembalikan seutuhnya. Karena itu uang hasil jerih payah 22 tahun untuk umrah,” kata Iriyanti memohon. (cr2)

You may also read!

150 Pelajar Diare Massal, Dinkes Depok: Tunggu Hasil Lab 14 Hari

DEPOK – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Pondok Duta, tengah dirundung musibah. Sejak Rabu (10/10) hingga kemarin, sekolah di

Read More...

Depok Masuk 10 Besar Smart Sanitation

DEPOK – Warga Depok mesti tahu ini. Ternyata kemarin, Kota Depok masuk 10 nominasi Smart Sanitation Award 2018 (SSA)

Read More...

Kajian Ganjil-Genap Depok Lelet

DEPOK – Gaung penerapan sistem ganjil-genap di Jalan Margonda Raya, saat weekend sabtu dan minggu sepertinya hanya angan-angan saja.

Read More...

Mobile Sliding Menu