Dilarang Beriklan Sebelum Waktunya

In Politika

DEPOK – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Depok telah menginstruksikan kepada tim sukses pasangan calon (Paslon) gubernur-wakil gubernur Jawa Barat untuk tidak memasang iklan di media massa sebelum waktunya.

“Ini sesuai aturan di PKPU mengenai aturan kampanye di media massa, itu kan jelas waktunya 14 hari sebelum masa tenang, dan itu difasilitasi oleh KPU,” ujar Ketua Panwaslu Kota Depok, Dede Slamet Permana, kemarin.

Ia menambahkan, hal tersebut melanggar aturan. Bila tetap dipaksakan, akan keluar dua rekomendasi yang dikeluarkan, berupa penghentian penayangan iklan hingga pembatalan pasangan calon.

“Aturan di PKPU sangat jelas, jadi bukan tidak boleh beriklan, tapi ada waktunya untuk itu. Begitu juga dengan iklan advertorial, itu tidak diperbolehkan. Yang diizinkan oleh PKPU itu hanya pemberitaan,” paparnya.

Dikatakannya, sudah ada beberapa timses dan partai pengusung yang dipanggil pihaknya terkait hal tersebut. Untuk mencegah hal itu tidak terjadi lagi, dirinya berharap tidak ada lagi paslon maupun timses dan partai pengusungnya yang beriklan saat ini.

Lebih lanjut, sambung dia, jika ada partai yang ingin memasang kegiatannya itu sah-sah saja. Akan tetapi, bila konteksnya untuk pilgub hal itu dilarang.

“Hal ini sesungguhnya untuk melindungi pers juga agar tidak terlibat dalam politik praktis, amannya pemberitaan saja,” katanya.

Ke depan, pihaknya telah menjadwalkan untuk menggelar sosialisasi kepada partai politik, timses dan media untuk menjelaskan peraturan kampanye, sekaligus peraturan pra kampanye pileg dan pilpres.

“Kami harus ajak bicara agar pemahamannya sama dan tidak ada yang dirugikan. Kami tidak menyalahkan media nya dalam hal ini,” ungkapnya. (cky)

You may also read!

Awas Terpeleset

RUSIA – Kolombia akan segera berhadapan dengan Jepang dalam perhelatan perdana mereka di ajang Piala Dunia 2018 pada Selasa

Read More...

Diintai Swedia, Korea Ganti Nomor Punggung

SAINT PETERSBURG – Pelatih Timnas Republik Korea, Shin Tae-yong punya cara unik membuat bingung Swedia, jelang bentrok dua negara

Read More...

6 Bulan Meksiko Persiapkan Taktik Lawan Jerman

MOSCOW – Arsitek timnas Meksiko, Juan Carlos Osorio mengklaim kemenangan 1-0 pasukannya atas Jerman di matchday 1 Grup F

Read More...

Mobile Sliding Menu