Cegah Genangan Air dan Banjir, RW6 Dinormalisasi

In Satelit Depok, Wilayah Depok
DICKY/RADARDEPOK
KERUK: Satgas PUPR Kota Depok bersama dengan pengurus LPM Duren Mekar, menormalisasi saluran air RW6, Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, kemarin.

Sudah menjadi tugas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok dalam mencegah terjadinya banjir maupun genangan. Salah satunya menyasar normalisasi saluran RW6 Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari dengan melakukan pengerukan dan penataan saluran air.

Laporan : Dicky Agung Prihanto

Sebanyak enam orang Satgas PUPR Kota Depok sedang berada di saluran air RT1/6. Menggunakan cangkul dan sejumlah peralatan lainnya, Satgas PUPR Kota Depok melakukan pengerukan saluran air yang mengalami pendangkalan.

Kabid Sumber Daya Air DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty mengatakan, pengerukan saluran air RW6, Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, merupakan salah satu langkah DPUPR Kota Depok untuk mencegah terjadinya banjir maupun luapan air dilingkungan masyarakat.

“Kami melakukan normalisasi secara manual sesuai dengan kondisi dilapangan,” ujar Citra.

Perempuan berhijab tersebut mengungkapkan, penyebab terjadinya banjir maupun luapan air dikarenakan tidak berfungsinya saluran air secara normal. Hal itu disebabkan karena saluran yang mengalami pendangkalan, hingga sampah yang berada didalam saluran.

Selain itu, sambung Citra masyarakat apabila telah Selesai pengerjaan normalisasi. Masyarakat diminta untuk dapat menjaga saluran dengan baik. Secara berkala pengurus lingkungan dapat mendorong masyarakatnya untuk melaksanakan kerja bakti membersihkan saluran. Menurutnya, menjaga saluran air tetap normal bukan hanya tugas DPUPR Kota Depok, diperlukan kerjasama masyarakat yang berada disekitar lokasi saluran.

“Jika saluran tidak normal maka masyarakat sekitar yang akan terkena dampaknya,” terang Citra.

Sementara itu, pengurus LPM Kelurahan Duren Mekar, Agus Sudrajat mengapresiasi respon cepat yang dilakukan DPUPR Kota Depok. Nantinya normalisasi saluran tersebut dilaksanakan di dua titik RT, yakni RT1 dan RT2/6. Untuk panjang saluran yang dinormalisasi sekitar 300 meter dan lebar 80 sentimeter.

“Pengerukan saluran diperkirakan sedalam 40 sentimeter,” tutup Agus. (*)

You may also read!

Maritza Juara 1 Lomba Baca Puisi di Depok

DEPOK – Proses tidak akan menghianati hasil. Kata-kata tersebut cocok untuk salah satu siswa SD Islam Terpadu (SDIT) Miftahul

Read More...

Pencak Silat SMKN 2 Depok Sabet Emas

DEPOK – Satu lagi torehan prestasi yang berhasil diukir siswa SMKN 2 Depok. Sebanyak 12 siswa yang diberangkatkan untuk

Read More...

Kemendikbud Ulas Buku di SDIT Al Haraki di Depok

DEPOK – Kemarin (18/4), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan UNICEF mendatangai SDIT Al Haraki. Kedatangan mereka bertujuan untuk

Read More...

Mobile Sliding Menu