Cegah Genangan Air dan Banjir, RW6 Dinormalisasi

In Satelit Depok, Wilayah Depok
DICKY/RADARDEPOK
KERUK: Satgas PUPR Kota Depok bersama dengan pengurus LPM Duren Mekar, menormalisasi saluran air RW6, Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, kemarin.

Sudah menjadi tugas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok dalam mencegah terjadinya banjir maupun genangan. Salah satunya menyasar normalisasi saluran RW6 Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari dengan melakukan pengerukan dan penataan saluran air.

Laporan : Dicky Agung Prihanto

Sebanyak enam orang Satgas PUPR Kota Depok sedang berada di saluran air RT1/6. Menggunakan cangkul dan sejumlah peralatan lainnya, Satgas PUPR Kota Depok melakukan pengerukan saluran air yang mengalami pendangkalan.

Kabid Sumber Daya Air DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty mengatakan, pengerukan saluran air RW6, Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, merupakan salah satu langkah DPUPR Kota Depok untuk mencegah terjadinya banjir maupun luapan air dilingkungan masyarakat.

“Kami melakukan normalisasi secara manual sesuai dengan kondisi dilapangan,” ujar Citra.

Perempuan berhijab tersebut mengungkapkan, penyebab terjadinya banjir maupun luapan air dikarenakan tidak berfungsinya saluran air secara normal. Hal itu disebabkan karena saluran yang mengalami pendangkalan, hingga sampah yang berada didalam saluran.

Selain itu, sambung Citra masyarakat apabila telah Selesai pengerjaan normalisasi. Masyarakat diminta untuk dapat menjaga saluran dengan baik. Secara berkala pengurus lingkungan dapat mendorong masyarakatnya untuk melaksanakan kerja bakti membersihkan saluran. Menurutnya, menjaga saluran air tetap normal bukan hanya tugas DPUPR Kota Depok, diperlukan kerjasama masyarakat yang berada disekitar lokasi saluran.

“Jika saluran tidak normal maka masyarakat sekitar yang akan terkena dampaknya,” terang Citra.

Sementara itu, pengurus LPM Kelurahan Duren Mekar, Agus Sudrajat mengapresiasi respon cepat yang dilakukan DPUPR Kota Depok. Nantinya normalisasi saluran tersebut dilaksanakan di dua titik RT, yakni RT1 dan RT2/6. Untuk panjang saluran yang dinormalisasi sekitar 300 meter dan lebar 80 sentimeter.

“Pengerukan saluran diperkirakan sedalam 40 sentimeter,” tutup Agus. (*)

You may also read!

Gerai Salon Cantik Hadir di Depok, Harga Promo Creambath Rp49 Ribu

DEPOK – Gerai Salon Cantik Depok yang beralamat di Jalan Margonda Raya, Kemirimuka  (Seberang Hotel Bumi Wiyata) Depok, hadir

Read More...

Harkopnas ke-71, Reformasi Koperasi

DEPOK – Guna meningkatkan kualitas, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkomitmen untuk membantu melakukan reformasi total terhadap koperasi yang ada di

Read More...

Syafana Depok Rambah Penjualan Online

DEPOK – Syafana Fashion and Craft, anggota dari Usaha Kecil Menengah Pertanian (UKMP) Kota Depok kian mengembangkan sayapnya. Tak

Read More...

Mobile Sliding Menu