Tak Kunjung Disahkan Walikota, Buat Berbagai Kegiatan

In Metropolis
RICKY/RADAR DEPOK
KEGIATAN : Ketua DKD, Nuroji bersama pengurus Komite teater berfoto usai menggelar workshop di lantai 2 D’mall Jalan Raya Margonda Kecamatan Beji, Depok.

 

Meski pengurus baru di era kepemimpinan H. Nuroji sudah dibentuk pasca Musyawarah Luarbiasa (Muslub) Dewan Kesenian Depok (DKD). Namun, hingga saat ini kepengurusan periode 2016-2020 belum juga dibuatkan Surat Keputusan (SK) pengesahan dari Walikota Depok. 

LAPORAN: Ricky Juliansyah

Dari kejauhan suara soundsystem terdengar keras, ratusan pasang mata dari pelajar SMP dan SMA se-Depok tetap fokus memperhatikan dua orang yang berdiri di panggung sedang berpantomin mengikuti skenario yang telah dirancang sebelumnya.

Di antara ratusan siswa, sang Ketua DKD H. Nuroji memperhatikan dengan seksama berharap apa yang diupayakan DKD dapat diserap dan membawa manfaat bagi siswa yang mengikuti workshop Seni Pemeran di Lantai 2 D’Mall Jalan Raya Margonda Kecamatan Beji, di  Sabtu siang.

Workshop garapan dari salah satu komite yang ada di DKD, yakni Komite Teater membius para siswa yang hadir dengan pengetahuan yang dijabarkan kepada para pelajar.

Nuroji dengan santai berbincang dengan awak Radar Depok yang diundang untuk meliput kegiatan mereka yang lagi-lagi dibiayai dari kocek pribadi.

Susunan kepengurusan DKD Periode 2016-2020 yakni, Pembina Walikota Depok, Ketua DPRD Kota Depok, Kapolres Metro Depok, Dandim 0508 Kota Depok, Kejaksaan Negeri Kota Depok. Sedangkan Ketua Umum DKD H Nuroji, Wakil Ketua Asrizal Nur dan Sekretaris 1 Puguh Tjahjono.

Ditemani istri tercinta, Nuroji menjelaskan, DKD sendiri memiliki beberapa komite, yakni, Komite Seni Tradisi diketuai E. Manaisah Boy, Komite Seni Rupa FX Jeffrey Sumampouw, Komite Sastra Jimmy S. Johansyah, Komite Musik Firmansyah, Komite Theater Eka Perdana, Komite Tari Andi Supardi dan Komite Film diketuai Yudianto.

“Sesuai dengan Surat Instruksi Menteri Dalam Negeri no 5A tahun 1993, semestinya Susunan Pengurus DKD mendapat pengesahan oleh Walikota. Namun sampai saat ini Walikota belum membuat SK pengesahannya, dengan alasan yang tidak jelas,” kata Nuroji.

Tidak patah arang, walaupun tidak disahkan oleh Walikota, kepengurusan DKD di bawah kepemimpinan Nuroji berjalan terus dengan melakukan berbagai macam kegiatan. Bahkan lima fungsi kegiatan yang diemban oleh DKD, yakni kegiatan melestarikan, mengembangkan, membina, mempromosikan dan memberikan apresiasi atau penghargaan terhadap kesenian dan kebudayaan.

Melihat siswa antusias dengan kegiatan komite teater yang menggelar workshop Seni Pemeran di Lantai 2 D’Mall sudah menjadi kebahagiaan tersendiri bagi anggota Komisi X DPR RI ini. Pasalnya, dengan demikian lima fungsi yang diemban DKD diapresiasi generasi milenila yang nantinya akan meneruskan kesenian dan kebudayaan, terkhusus untuk kesenian dan kebudayaan Depok agar tidak punah tergilas budaya barat.

Senyum pria yang terlihat sangar namun ramah ini mengembang lantaran para siswa antusias melontarkan keingintahuan yang mengganggu pemikiran mereka. Mungkin dengan dijawabnya pertanyaan dapat menghilangkan dahaga pengetahuan mereka akan seni peran.

Lagi-lagi, kegiatan yang bermanfaat dan sangat disambut antusias para siswa harus dengan kocek pribadi pengurus, tanpa sentuhan dari pejabat di eksekutif.

Kembali lagi membicarakan DKD, Nuroji yang juga pimpinan Perkumpulan Lenong Depok Betawi Ngumpul ini mengurai kembali perjalanan DKD di era kepemimpinannya, setelah melengkapi organisasi dengan perlengkapan seperti kantor kesekretariatan beserta peralatannya dan lain lain.

DKD melaksanakan Kegiatan Pertamanya, yakni Rapat Kerja tanggal 10 Juni 2016 yang\g diikuti seluruh pengurus.

“Raker merumuskan langkah langkah dan program kerja kedepan tiap tiap komite. Kegiatan berikutnya adalah Gelar Budaya 2016 Seluruh komite kesenian terlibat dalam acara tersebut termasuk di dalamnya ada kegiatan Diskusi Kesenian yang juga dihadiri oleh Dewan Kesenian Daerah lain, seperti DKI Jakarta dan Tangsel dan Bogor,” ucap Nuroji. (bersambung)

 

You may also read!

SMPIT NF Depok Berkibar di HKIMO 2018

DEPOK – Empat siswa SMPIT Nurul Fikri (NF) kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. Kali ini dipersembahkan dari

Read More...

30 Taruna Diberi Penghargaan Bintang Teladan

DEPOK – Sebanyak 30 taruna SMK Nasional Depok kelas XI dan XII meraih penghargaan Bintang Teladan dari pihak sekolah

Read More...

Porseni SMAN 3 Depok Rayakan HUT ke-28

DEPOK – Dalam rangka merayakan HUT ke-28 SMAN 3 Depok, digelar kegiatan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni). Kegiatan yang

Read More...

Mobile Sliding Menu