Tahan Paspor, Abu Tours Melanggar

In Metropolis
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
KONDISI TERKINI : Tampak terlihat Kantor Abu Tours & Travel di Jalan Cinere Raya, kemarin.

DEPOK – Travel Abu Tours di Jalan Cinere Raya, Nomor 102e, Kecamatan Cinere mesti dengar ini. Jika masih menahan paspor jamaah tanpa alasan, Imigrasi Depok menyebutkan itu sudah melanggar aturan.

Kepala Kantor Imigrasi (Kanim) Kota Depok, Dadan Gunawan mengatakan, penahanan paspor bagi jamaah Abu Tours memang tidak boleh dilakukan secara sepihak, karena paspor merupakan barang milik Negara. “Tidak boleh ditahan secara sepihak, karena itu milik Negara,” kata Dadan kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Sementara, terkait penahanan yang dilakukan Travel Abu Tours harus ada kesepakatan, yang dilakukan antara pihak travel dan jamaah. “Dalam kasus Travel Abu Tours kita perlu mengetahui perjanjian yang dilakukan kedua belah pihak,” jelas Dadan.

Menurutnya, jika ditahan karena akan menjalankan proses keberangkatan jamaah itu diperbolehkan, karena untuk menerbangkan jamaah memang dibutuhkan paspor sebagai salah satu syarat jamaah umrah. “Kalau untuk persyaratan umrah berdasarkan kesepakatan awal itu diperbolehkan,” ujar Dadan.

Selain itu, menurut Dadan jika terjadi permasalahan seperti yang terjadi saat ini di Travel Abu Tours, seperti menahanan dan pengembalian paspor apakah diatur dalam kesepakatan awal. Sehingga proses pengembaliannya biasanya ada perjanjian antara pihak Travel Abu Tours dan jamaah.

“Jika ada masalah, dan jamaah minta pengembalian dokumen juga biasanya diatur dalam perjanjian awal. Tapi jika itu, memang ditahan tanpa ada alasan yang jelas baru itu yang melanggar,” tegas Dadan.

Terpisah, Ketua Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Tongam L Tobing mengatakan, masyarakat jangan mendaftar ke travel umrah dengan mengadakan promo yang biayanya di bawah biaya standar. Karena kemungkinan berangkat sangat kecil. “Kalaupun berangkat berarti disubsidi dari uang jamaah lainnya,” papar Tongam.

Para jamaah juga jangan mencicil biaya umrah pada agen perjalanan, karena menurutnya jika travel yang melayani cicilan tidak akan baik kedepannya. “Sebaiknya ditabung di bank saja. Setelah uang cukup, maka daftarkan pada travel umrah yang kredibel,” terangnya.

Selain itu, bagi agen perjalanan yang menggunakan sistem mirip Multi Level Marketing (MLM) sebaiknya dihindari. “Biasanya jamaah diminta untuk merekrut jamaah lain dengan iming-iming bonus atau diskon, dan itu sangat rentan penipuan,” tandas Tongam.

Diketahui sebelumnya, permasalahan baru muncul mendera Abu Tours di Jalan Cinere Raya, Nomor 102e, Kecamatan Cinere. Senin (12/2), ratusan jamaah kembali menggeruduk perusahan travel umrah tersebut untuk mengambil berkas pribadinya berupa paspor untuk keperluan. Tak hanya itu, refund atau pengembalian dana harus menunggu 90 hari kerja.

Menurut salah satu jamaah umroh Travel Abu Tours, Maryati mengaku,  tidak meminta refund atas uang yang sudah disetorkan. Perempuan berusia 46 tahun ini hanya mengamankan berkas yang sudah disetorkannya ke Travel Abu Tours.

Dia khawatir berkas yang telah diberikan hilang, karena kondisi Travel Abu Tours saat ini sedang gaduh lantaran banyak didatangi jamaah umroh. “Saya hanya ingin mengambil berkas. Saya tidak meminta refund, tapi tetap diberangkatkan. Tapi saat ini masih ditahan,” kata Maryati kepada Harian Radar Depok di Cinere.

Saat ini, sambungnya kalau refund harus menunggu 90 hari kerja hingga uang bisa dikembalikan. “Biasanya kalau minta refund tidak akan beres, bisa-bisa uangnya tidak kembali,” kata Maryati.

Maryati juga siap jika harus dimintai tambahan biaya dengan alasan ada penambahan pajak di Saudi Arabia. “Uang saya sudah masuk semua, kalau minta tambah penambahan pajak lima persen paling saya hanya nambah Rp800 ribu,” ujar Maryati.(cr2)

You may also read!

150 Pelajar Diare Massal, Dinkes Depok: Tunggu Hasil Lab 14 Hari

DEPOK – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Pondok Duta, tengah dirundung musibah. Sejak Rabu (10/10) hingga kemarin, sekolah di

Read More...

Depok Masuk 10 Besar Smart Sanitation

DEPOK – Warga Depok mesti tahu ini. Ternyata kemarin, Kota Depok masuk 10 nominasi Smart Sanitation Award 2018 (SSA)

Read More...

Kajian Ganjil-Genap Depok Lelet

DEPOK – Gaung penerapan sistem ganjil-genap di Jalan Margonda Raya, saat weekend sabtu dan minggu sepertinya hanya angan-angan saja.

Read More...

Mobile Sliding Menu