Paspor Ditahan, Refund 90 Hari

In Metropolis
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
KONDISI TERKINI : Tampak terlihat Kantor Abu Tours & Travel di Jalan Cinere Raya, kemarin.

DEPOK – Permasalahan baru muncul mendera Abu Tours di Jalan Cinere Raya, Nomor 102e, Kecamatan Cinere. Senin (12/2), ratusan jamaah kembali menggeruduk perusahan travel umrah tersebut untuk mengambil berkas pribadinya berupa paspor untuk keperluan. Tak hanya itu, refund atau pengembalian dana harus menunggu 90 hari kerja.

Menurut salah satu jamaah umroh Travel Abu Tours, Maryati mengaku,  tidak meminta refund atas uang yang sudah disetorkan. Perempuan berusia 46 tahun ini hanya mengamankan berkas yang sudah disetorkannya ke Travel Abu Tours.

Dia khawatir berkas yang telah diberikan hilang, karena kondisi Travel Abu Tours saat ini sedang gaduh lantaran banyak didatangi jamaah umroh. “Saya hanya ingin mengambil berkas. Saya tidak meminta refund, tapi tetap diberangkatkan. Tapi saat ini masih ditahan,” kata Maryati kepada Harian Radar Depok di Cinere.

Saat ini, sambungnya kalau refund harus menunggu 90 hari kerja hingga uang bisa dikembalikan. “Biasanya kalau minta refund tidak akan beres, bisa-bisa uangnya tidak kembali,” kata Maryati.

Maryati juga siap jika harus dimintai tambahan biaya dengan alasan ada penambahan pajak di Saudi Arabia. “Uang saya sudah masuk semua, kalau minta tambah penambahan pajak lima persen paling saya hanya nambah Rp800 ribu,” ujar Maryati.

Berbeda dengan Maryati, Imas Solihat memilih pihak Travel Abu Tours mengembalikan uang yang telah disetorkannya. Pasalnya, uang yang sudah dikumpulkannya sengaja untuk melaksanakan ibadah umrah. “Saya minta uang saya dikembalikan, karena uang itu saya kumpulkan memang untuk beribadah,” kata Imas.

Dia juga mengaku, khawatir jika pemilik Travel Abu Tours sampai ditangkap dan diadili, karena menurutnya jika menjalani proses hukum, pemilik tentu tidak akan bertanggungjawab mengembalikan uang jamaah yang sudah disetorkan.

“Sebisa mungkin akan saya minta uang saya yang pernah saya setorkan. Jangan sampai kasus ini sampai masuk keranah hukum, karena pasti akan hangus jika pemiliknya ditahan,” kata Imas kepada Radar Depok.

Sementara saat Radar Depok hendak konfirmasi masuk ke kantor Abu Tours Cinere, di halang-halangi petugas. Menurut satpam yang sedang berjaga, tidak ada pegawai yang bisa diwawancarai. “Kalau mau wawancara ke kantor pusat saja, karena disini hanya ada resepsionis yang melayani keluhan jamaah,” kata Zulkarnaen singkat.

Diluar kantor Travel Abu Tours menempelkan pengumuman di pintu, jika ada jamaah yang ingin mengembalikan refund pihak Travel Abu Tours menerima pelayanan hingga pukul 15.30 WIB. Syaratnya dengan membawa fotokopi KTP dengan mencantumkan nomor rekening BCA atau Mandiri di KTPnya, selain itu jamaah harus mempersiapkan kuitansi pembayaran asli, dan membawa materai asli.(cr2)

You may also read!

Disdukcapil Kota Depok Bakar 30 Ribu Blangko e-KTP Rusak

DEPOK – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok memusnahkan 30 ribu blangko Elektronik KTP di Balaikota Depok,

Read More...

Antisipasi Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok, Disdagin Depok Operasi Pasar

DEPOK – Mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI)

Read More...

NU Depok Serukan Perkuat Kebinekaan

DEPOK – Plt Ketua PC NU Kota Depok, Ahmad Solechan menyerukan ajakan untuk memperkuat kebinnekaan dan mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan.

Read More...

Mobile Sliding Menu