Melukis di Atas Talenan

In Pendidikan
IST FOR RADARDEPOK
KREATIF: MTs Hidayatul Umam praktek melukis di atas talenan. Praktek ini bagian dari aplikasi pelajaran melukis.

DEPOK– Melukis tidak hanya bisa dilakukan di atas kanvas. Di tangan orang-orang kreatif, apapun bisa dijadikan media lukis. Siswa MTs Hidayatul Umam menggunakan talenan sebagai media lukis.

Guru kesenian budaya, Sri Yaniati mengatakan, praktek ini merupakan aplikasi dari pelajaran melukis yang biasanya dilakukan di kertas. Sri menuntut para siswa berimprovisasi dalam media lukis.

“Minggu ini lagi belajar seni rupa, jadi kita praktekan bukan di kanvas lagi karena sudah terlalu sering. Jadi saya suruh dengan alat rumah tangga seperti talenan dan tampah” kata Ati-sapaan Sri Yaniati-kepada Radar Depok ditemui di sekolah yang terletak di Jalan Mesjid, Kelurahan/Kecamatan Cinere.

Ati menuturkan, pada saat praktek siswanya menggoreskan cat air dengan cermat dan teliti dalam memadukan warna-warni. Hal tersebut bertujuan agar warna yang dihasilkan lebih artistik.

“Selain bisa dinikmati keindahannya, talenan itu juga dapat digunakan oleh mereka. Misalnya untuk dipajang di dinding,” tuturnya.

Para siswa bebas menuangkan kreativitas mereka pada talenan untuk dilukis dengan berbagai objek. Seperti pemandangan alam, tokoh kartun, tokoh pahlawan, hingga benda yang disukai oleh siswa.

“Mereka sangat antusias, karena alatnya enak keras, kecil, dan cat air juga cepat kering,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu siswa yang mengikuti praktek, Annisa mengaku bangga dengan karyanya. Lukisan yang dibuat Annisa merupakan karya yang unik.

“Ini baru pertama ngelukis di atas talenan dan seru. Biasanya hanya di atas kanvas atau kertas. Hasilnya saya taruh di kamar untuk dipajang,” ujar Annisa. (cr3)

You may also read!

Pencairan THR H-7 Ya Bos

DEPOK – Ini perhatian bagi bos-bos yang memimpin perusahaan. Berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) No 6 Tahun 2016 tentang

Read More...

1.800 Paket Sembako Murah Disebar Disdagin Kota Depok

DEPOK – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok, kembali menggelar Pasar Murah. Kali ini sasarannya 12 lokasi di

Read More...

Tambah Daya Listrik Diskon 50%

DEPOK – Kabar gembira bagi khalayak di Kota Depok dan tempat beribadah. Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberikan gratis bagi

Read More...

Mobile Sliding Menu