Kontrol Wilayah Bersama, Tingkatkan Keamanan Lingkungan

In Satelit Depok, Wilayah Depok
DICKY/RADARDEPOK
KOORDINASI: Binmas dan Babinsa Kelurahan Sawangan Baru, saat berkoordinasi dengan salah satu pengurus lingkungan di kantor Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, kemarin.

Menjaga kondusifitas masyarakat dari gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di tingkat kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, menjadi bagian Binmas dan Babinsa Kelurahan Sawangan Baru. Untuk menjaga kekompakan, Binmas dan Babinsa kerap melakukan kontrol wilayah secara bersama, dan meminta pengurus lingkungan membantu peningkatan keamanan.

Laporan : Dicky Agung Prihanto

Dimeja dan kursi yang berada diaula Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, terlihat Binmas dan Babinsa Kelurahan Sawangan Baru tengah berdiskusi dan berdialog dalam menjaga Kamtibmas ditengah masyarakat.

Binmas Kelurahan Sawangan Baru, Aiptu Heri mengatakan, menjaga Kamtibmas dan mengayomi masyarakat sudah menjadi tugas Binmas dan Babinsa. Namun, melihat wilayah Kelurahan Sawangan Baru yang luas, tenaga Binmas dan Babinsa perlu mendapatkan dukungan masyarakat.

“Kami juga kerap melakukan kontrol wilayah bersama,” ujar pria berkumis tersebut.

Heri mengungkapkan, kontrol wilayah bersama bertujuan untuk menjaga kekompakan dalam menjalankan tugas. Selain itu, pihaknya kerap meminta pengurus lingkungan untuk membantu menjaga Kamtibmas di tengah masyarakat dan membantu dalam mendukung kinerja Binmas dan Babinsa.

Heri meminta, untuk menjaga dan meningkatkan keamanan lingkungan saat malam hari. Pengurus lingkungan dapat menjalankan Sistem Keamanan Keliling (Siskamling) yang melibatkan masyarakat. Menurutnya, dengan melaksanakan siskamling dapat mencegah secara dini akan terjadinya tindakan kriminalitas.

“Melakukan siskamling masyarakat dapat menjadi polisi bagi diri sendiri maupun lingkungan,” tutup Heri. (*)

You may also read!

150 Pelajar Diare Massal, Dinkes Depok: Tunggu Hasil Lab 14 Hari

DEPOK – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Pondok Duta, tengah dirundung musibah. Sejak Rabu (10/10) hingga kemarin, sekolah di

Read More...

Depok Masuk 10 Besar Smart Sanitation

DEPOK – Warga Depok mesti tahu ini. Ternyata kemarin, Kota Depok masuk 10 nominasi Smart Sanitation Award 2018 (SSA)

Read More...

Kajian Ganjil-Genap Depok Lelet

DEPOK – Gaung penerapan sistem ganjil-genap di Jalan Margonda Raya, saat weekend sabtu dan minggu sepertinya hanya angan-angan saja.

Read More...

Mobile Sliding Menu