Komisi C Pelajari Usulan Pengembang

In Politika

DEPOK Keluhan Pengembang perumahan yang keberatan dengan adanya Perda nomor 13 Tahun 2013 tentang Izin Mendirikan Bangunan (IMB) beserta turunannya, ditanggapi serius oleh Komisi C DPRD Kota Depok.

Ketua Komisi C DPRD Kota Depok, Mazhab HM langsung merespon yang menjadi keluhan para pengembang perumahan lantaran tidak bisa membangun rumah murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). “Terkait dengan revisi Perda IMB akan saya pelajari dulu,” ujar Mazhab saat dikonfirmasi Radar Depok melalui telepon selulernya.

Sebab, kata dewan yang hobi olahraga tenis meja ini, Perda IMB berkaitan dengan Perda Rencana Tata Ruang. Sedangkan, untuk merevisi perda Tata Ruang harus menunggu lima tahun kedepan sejak Perda tersebut disahkan.

“Karena Perda IMB tidak bisa berdiri sendiri. Sehingga, apabila mau merevisi harus dibarengi  dengan perda-perda yang berkaitan dengan itu. Tunggu 2019, karema berdasarkan aturan revisi Perda Tata Ruang harus lima tahun dan Perda itu kami sahkan pada 2014,” tutur Mazhab.

Ia mengungkapkan, Komisi C sudah mendengar keluhan dari pengembang perumahan terkait hal tersebut. Namun, belum santer seperti saat ini. Selain itu, ia pun tidak mau berbenturan dengan aturan dan kebijakan dari pemerintah pusat.

“Program rumah murah memang tidak bisa dicapai ketika ada aturan batas tapak 120 meter itu. Kami akan pelajari dulu. Jangan sampai produk kita ( Perda.red) malah menjadi penghambat program dari pemerintah pusat,” tandasnya.

Sementara, Anggota Komisi C DPRD Kota Depok, Sri Utami menilai ada sisi positif dari Perda yang dikeluhkan para pengembang, terutama bagi lingkungan hidup di Kota Depok.

“Menang saat disahkan Perda IMB 13 Tahun 2013 saya belum masuk di dewan. Saya melihatnya lebih kepada spitit menjaga lingkungan hidup kota Depok, yakni untuk membantu menjaga RTH yang kita masih banyak berhutang sesuai amanat UU, wilayah resapan air dan juga kualitas udara kita,” ucap Sri Utami. (cky)

You may also read!

Ina 3 Tahun, Tajudin-Aulia 15 Bulan

BANDUNG – Akhirnya kasus rasuah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kelurahan Sukamaju, Cilodong finish. Rabu (19/9), Agustina Tri

Read More...

Satpol PP Kota Depok Tertibkan 71 Pedagang Liar Jalan Mawar

DEPOK – Sedikitnya 71 pedagang kaki lima (PKL) dan bangunan liar (Bangli), di belakang Pasar Depok Jaya dibongkar, kemarin.

Read More...

Petugas Kesehatan Se-Depok Dilatih Heat Plus

DEPOK – Petugas kesehatan di 35 Puskesmas se-Depok, dapat ilmu baru dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKMUI). Ilmu

Read More...

Mobile Sliding Menu