Jalan Mawar, Pasir Putih Banjir Terus

In Satelit Depok, Wilayah Depok
DICKY/RADARDEPOK
MELUAP: Sejumlah warga sedang melintas di Jalan Mawar, RW4, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, yang terdapat luapan air, karena tidak tertampung di Kali Pesanggerahan, Selasa (13/2).

DEPOK – Genangan air setinggi betis orang dewasa kembali menggenangi Jalan Mawar RW4, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan. Akibatnya, sejumlah kendaraan roda dua yang memaksa untuk melintas mengalami mogok, kemarin.

Salah seorang warga Pasir Putih, Tasronih mengatakan, meluapnya air Kali Pesanggerahan ke badan jalan, dikarenakan kali tersebut tidak dapat menampung volume air kiriman dari Bogor. Akibatnya, air meluap ke Jalan Mawar yang secara struktur jalan, berada dibawah Kali Pesanggerahan.

“Waktu saya kecil Kali Pesanggerahan tidak seperti sekarang,” ujar Tasronih kepada Radar Depok, kemarin.

Pria yang tinggal tidak jauh dari Kali Pesanggerahan tersebut mengungkapkan, dahulunya kali tersebut memiliki lebar empat meter dan kedalaman mencapai enam meter. Namun, saat ini Kali Pesanggerahan telah mengalami penyempitan dan pedangkalan. Dia memperkirakan, lebar dan kedalam kali tersebut sekitar dua meter.

Tasronih menjelaskan, menyempitnya Kali Pesanggerahan terjadi dibagian hilir kali. Hal itu dikarenakan sampah TPA Cipayung yang secara perlahan menutup sebagian kali. Tidak hanya itu, sedimen lumpur di dasar kali, ikut mempengaruhi pendangkalan Kali Pesanggerahan.

“Kami ingin Pemkot segera menangani permasalahan di lingkungan kami,” terang tasronih.

Sementara itu, Lurah Pasir Putih, Sudadih menuturkan, meluapnya Kali Pesanggerahan diakibatkan tidak tertampungnya air kali, sehingga menggenang di Jalan Mawar. Tidak hanya itu, apabila hujan deras dalam cukup waktu lama, luapan kali tersebut akan memasuki sekitar enam rumah warga yang berada tidak jauh dari Kali Pesanggerahan.

“Rumah dan badan Jalan Mawar berada lebih rendah dari Kali Pesanggerahan,” ucap Sudadih.

Sudadih mengatakan, untuk meminimalisir meluapnya air Kali Pesanggerahan, dia telah memberikan surat kepada dinas terkait untuk melakukan normalisasi Kali Pesanggerahan. Hal itu, untuk melakukan pengerukan sedimen lumpur kali tersebut, sehingga menambah kedalaman Kali Pesanggerahan.

“Kalau bisa rumah warga dapat direlokasi dan diakomodir Pemkot Depok,” tutup Sudadih. (dic)

You may also read!

150 Pelajar Diare Massal, Dinkes Depok: Tunggu Hasil Lab 14 Hari

DEPOK – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Pondok Duta, tengah dirundung musibah. Sejak Rabu (10/10) hingga kemarin, sekolah di

Read More...

Depok Masuk 10 Besar Smart Sanitation

DEPOK – Warga Depok mesti tahu ini. Ternyata kemarin, Kota Depok masuk 10 nominasi Smart Sanitation Award 2018 (SSA)

Read More...

Kajian Ganjil-Genap Depok Lelet

DEPOK – Gaung penerapan sistem ganjil-genap di Jalan Margonda Raya, saat weekend sabtu dan minggu sepertinya hanya angan-angan saja.

Read More...

Mobile Sliding Menu