Hidroponik Dianggap Jadi Solusi

In Satelit Depok, Wilayah Depok
FOTO: Juanda
Lurah Curug

DEPOK– Penghijauan merupakan salah satu cara mencegah terjadinya global warming. Banyak cara dapat dilakukan masyarakat dalam melakukan penghijauan,  salah satunya dengan melaksanakan penanaman melalui hidroponik. Seperti yang dilakukan Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari dalam mengajak masyarakat melaksanakan gerakan penanaman melalui hidroponik.

Lurah Curug, Juanda mengatakan, hidroponik merupakan salah satu media tanam yang tidak memerlukan menggunakan lahan yang luas. Hidroponik dapat dilakukan masyarakat dengan menggunakan lahan perkarangan yang terbilang sedikit. Dengan melakukan penanaman hidroponik, secara tidak langsung masyarakat mendukung program Kota Depok yakni Depok sebagai sahabat lingkungan.

“Menanam dengan hidroponik secara tidak langsung akan memperindah lingkungan sekitar rumah, ” ujar Juanda kepada Radar Depok, kemarin.

Juanda menjelaskan, banyak keuntungan lainnya yang masyarakat dapatkan dengan melakukan penanaman hidroponik, seperti efisiensi lahan, tanaman dapat berproduksi tanpa menggunakan media tanah, kuantitas dan kualitas produksi lebih tinggi dan lebih bersih, penggunaan pupuk dan air lebih efisien, dan pengendalian hama serta penyakit lebih mudah.

“Melakukan penghijauan dengan cara hidroponik terbilang mudah, dan dapat dilakukan masyarakat,” katanya.

Ada beragam jenis sayuran dan buah yang dapat ditanam dengan cara hidroponik, lanjut Juanda diantaranya sawi hijau, kailan, selada hijau, buncis, pare, pakcoy, bayam, timun, strawberry, dan berbagai sayuran dan buah lainnya. Menurutnya, apabila masa panen telah tiba, hasil dari hidroponik dapat memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu lagi mengeluarkan anggaran belanja untuk kebutuhan keluarga.

“Uang belanja rumah tangga yang seharusnya untuk membeli sayuran dapat digunakan untuk keperluan lainnya,” tutup Juanda. (dic)

You may also read!

Awas Terpeleset

RUSIA – Kolombia akan segera berhadapan dengan Jepang dalam perhelatan perdana mereka di ajang Piala Dunia 2018 pada Selasa

Read More...

Diintai Swedia, Korea Ganti Nomor Punggung

SAINT PETERSBURG – Pelatih Timnas Republik Korea, Shin Tae-yong punya cara unik membuat bingung Swedia, jelang bentrok dua negara

Read More...

6 Bulan Meksiko Persiapkan Taktik Lawan Jerman

MOSCOW – Arsitek timnas Meksiko, Juan Carlos Osorio mengklaim kemenangan 1-0 pasukannya atas Jerman di matchday 1 Grup F

Read More...

Mobile Sliding Menu