460 Siswa Ikut SUK di SMKN 2 Depok

In Pendidikan, Satelit Depok, Wilayah Depok
PEBRI/RADAR DEPOK
SELEKSI: Kepala SMKN 2 Depok, Tatang Komarudin berfoto bersama dengan asesor LSP SMKN 2 Depok dan siswa yang akan ikut SUK.

DEPOK – Siswa-siswa kelas XII dari empat jurusan yang ada di SMKN 2 Depok, mengikuti Sertifikasi Uji Kompetensi (SUK) yang diadakan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) kerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Total siswa yang ikut dalam SUK tersebut, yakni 395 siswa.

Ketua LSP SMKN 2 Depok, Yunizar mengatakan, untuk pembukaannya diadakan perjurusan, yakni ada Jurusan Teknik Listrik, Teknik Audio Video, Tata Boga, dan Tata Busana. Ini adalah tahun kedua program SKU digulirkan di SMKN 2 Depok secara mandiri. Karena, SMKN 2 Depok menjadi satu-satunya sekolah yang memiliki LSP sendiri.

“Asesor yang mengujinya adalah guru-guru yang ada di SMKN 2 Depok, dan mereka telah mendapatkan sertifikat asesor dari BNSP,” ucapnya kepada Radar Depok.

Yuni-sapaannya-menjelaskan, untuk awalan siswa melengkapi persyaratan pendukung dan disesuaikan atau diverifikasi antara APL 1 (formulir permohonan sertifikasi kompetensi) dengan APL (asesmen mandiri). Setelah singkron, baru bisa melanjutkan menjadi peserta. Nantinya, setelah menjadi peserta siswa akan mengerjakan soal, antara tulisan ataupun lisan. Setelah itu, ada juga demontrasi praktik dari siswa, dan ini disesuaikan dengan jurusannya.

“Sampai sekarang ini, baru empat jurusan yang telah terlisensi, sedangkan yang belum adalah Jurusan Teknik Pendingin dan Tata Udara,” terangnya.

Sementara itu, Kepala SMKN 2 Depok, Tatang Komarudin menjelaskan, nantinya siswa yang lulus dari SUK, akan mendapatkan sertifikat yang diakui di 10 negara. Jadi, kompetensi siswa tersebut diakui di 10 negara. Oleh karena itu, untuk mendapatkan sertifikat tersebut tidak lah mudah. Di tahun pertama penyelenggaraannya saja, ada beberapa siswa yang tidak lolos.

“Ini bisa menjadi modal siswa untuk berkarir setelah lulus nanti. Karena, siswa tersebut telah menguasai kompetensi di jurusan yang digelutinya,” terangnya. (peb)

You may also read!

Pedagang Siaga, PN Depok Keukeuh Eksekusi

DEPOK – Ribuan pedagang Pasar Kemirimuka untuk sementara bisa lega sebentar. Kemarin, kendati ada penundaan eksekusi, pedagang tetap siaga.

Read More...

Walikota Depok Resmikan Koperasi Hiswana Migas

DEPOK – Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Kota Depok, mendirikan koperasi bagi anggota dan masyarakat, kemarin.

Read More...

Lupa Bayar Iuran JKN? Pakai Autodebit

DEPOK – Bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), khususnya kategori Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU). Jangan khawatir

Read More...

Mobile Sliding Menu