1.000 Siswa Divaksinasi, Tahap Ketiga Bulan Agustus

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
JAGA KEKEBALAN: Siswi SMP PGRI Depok 2 Tengah suntik vaksin difteri tahap kedua di lingkungan sekolah, kemarin.

Mencegah Kejadian Luar Biasa (KLB) wabah difteri, UPT Puskemas Kecamatan Sukmajaya memberikan vaksin kepada 1.000 siswa SMP PGRI Depok II Tengah, Jalan Letnan Hatta Sukirman, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, kemarin.

LAPORAN: NUR APRIDA SANI

Pemberian vaksin wajib untuk usia 1-19 tahun. Hal itu dilakukan untuk mengebalkan daya tahan tubuh anak yang sangat rentan terhadap penyakit.

“Walau pun bayi sudah disuntik, tapi semakin usianya bertambah efektifitasnya berkurang jadi harus suntik lagi,” kata Kepala UPT Puskesmas Kecamatan Sukmajaya, Sih Mahayanti kepada Radar Depok.

UPT Puskesmas Sukmajaya membawa tiga dokter, satu bidan, satu perawat, dan empat pembantu medis lain untuk melakukan vaksin di SMP PGRI Depok II Tengah.

“Di sini kan siswanya banyak, jadi kami juga harus ekstra membawa pasukannya. Agar semuanya efektif, tidak terbengkalai,” ucap Mahayati.

Mahayati mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya siswa SMP PGRI Depok II Tengah untuk mengikuti suntik vaksin sesuai yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan sebanyak tiga kali vaksin.

“Kalau hanya sekali suntik, otomatis sistem kekebakalan tubuhnya tidak full. Kalau pun tidak terkejar untuk suntik disekolah, dapat menyusul di puskesmas,” imbaunya.

Setelah suntik difteri tahap satu dan dua, rencananya tahap tiga akan kembali dilaksanakan enam bulan mendatang.

“Tahap satu ke dua jaraknya satu bulan, tahap dua ke tiga jaraknya cukup jauh sekitar Agustus pelaksanaannya,” tutur Mahayati.

Di lokasi yang sama, Kepala SMP PGRI Depok 2 Tengah, Sukandi mengatakan, pihak sekolah akan terus mendukung hal-hal yang membawa kebaikan untuk siswa, khususnya kesehatan.

“Siswa perlu kesehatan untuk menunjang proses belajar, kalau mereka sakit semuanya akan terbengkalai. Semoga siswa kami seluruhnya bebas dari penyakit difteri tersebut,” kata Sukandi. (*)

You may also read!

Kepsek Se-Depok Dipanggil KPAI

DEPOK – Kasus kekerasan seksual terhadap 13 anak sekolah dasar oleh gurunya, digeber Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Terbaru

Read More...

Dua CCTV Nihil, Polisi Sebar Sketsa Pelaku Pelemparan Batu di Depok

DEPOK – Upaya polisi untuk mendeteksi wajah dan perawakan pelaku pelempar Raffa (9) melalui CCTV di Jalan Juanda bakal

Read More...

Hasil KLA Depok Diumumkan 23 Juli

DEPOK – Pengumuman hasil penilaian status Kota Layak Anak (KLA), akan diumumkan 23 Juli mendatang. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan

Read More...

Mobile Sliding Menu