Tari Ratoh Jaroe SMPI Yapkum Dulang Prestasi

In Pendidikan
IST
KOMPAK: Ekskul Tari Ratoh Jaroe SMPI Yapkum kala tampil di Pentas Budaya Islam, Balaikota Depok, belum lama ini.

DEPOK – Tari Ratoh Jaroe merupakan tarian asal Nanggroe Aceh Darussalam. Tarian ini hampir mirip dengan Tari Saman, yang merupakan perpaduan harmonis antara gerak badan dan tangan, dengan formasi kekompakan dan alunan musik rapa’i.

SMP Islam (SMPI) Yapkum, di Jalan H. Usman, Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, memiliki ekstrakurikuler (ekskul) ini. Bahkan menjadi kebanggaan sekolah, berkat prestasi yang diraih siswa.

“Tiap tahun ikut lomba, dan alhamdulillah pulang selalu bawa piala. Kemarin terakhir dapat juara 2 tingkat Jabodetabek dan juara 1 waktu di SMAN 6 Depok,” kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMPI Yapkum, Tati Alawiyah kepada Radar Depok.

Ekskul ini diikuti siswi yang terdiri tiga tim. Setiap tim dari kelas VII sampai IX. Untuk mengikuti perlombaan, SMPI Yapkum mengirim satu tim terbaik.

“Kita juga sering diminta tampil. Akhir Desember lalu tampil sebagai pembuka di acara Pentas Budaya Islam di Balaikota Depok,” kata Tati.

Latihan dilaksanakan setiap hari Jumat dan Sabtu. Sedangkan pelatihnya merupakan guru dan alumni SMPI Yapkum yang dulunya merupakan anggota dari ekskul tersebut.

“Di sela-sela waktu kosong, siswa suka berlatih walaupun tidak ada pembinanya. Jadi kakak kelasnya yang mengajar ke adik kelasnya,” tukas Tati. (cr3)

You may also read!

Naik Level

Sewindu. Tahun ini, 15 Juli 2018 Harian Radar Depok alhamdulillah sudah beranjak usia ke delapan. Perjalanan panjang dilalui dari

Read More...

Semarak, Nobar Final Piala Dunia di Rutan Depok

DEPOK – Nonton bareng (nobar) final Piala Dunia 2018 antara Perancis melawan Kroasia, Minggu (15/7) malam, berlangsung semarak di

Read More...

13 Korban Guru Cabul di Depok Direhabilitasi

DEPOK – Komisi Perlindungan Anak Indoneisa (KPAI), terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Depok. Teranyar, 13 korban guru WA sudah

Read More...

Mobile Sliding Menu