Rp400 Juta Bangun Jembatan Jakarta-Depok

In Metropolis
IRWAN /RADAR DEPOK 
DIRENCANAKAN :  Wakil Walikota Jakarta Selatan, Arifin, perwakilan BBWSCC, Direktur Manajemen Relasi PT. Wiratman Yulianto, dan Kadis PUPR Kota Depok Manto Jorgi meninjau dua jembatan gantung, Kamis (24/1).

DEPOK-Pembangunan jembatan gantung di Jalan Gardu RT11-12/RW2, Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, segera terealisasi. Dua jembatan yang juga menghubungkan Kelurahan Pasir Gunung Selatan (PGS), Cimanggis itu menelan anggaran sebesar Rp 400 juta.

“Dianggarkan Rp400 juta dana dari PT Wiratman melalui CSR-nya,” kata Wakil Walikota Jakarta Selatan Arifin, kepada Harian Radar Depok, kemarin di lokasi jembatan.

Pembangunan jembatan itu sendiri akan dikerjakan pihak swasta yang membemberikan CSR. Lalu pelaksanaan pembangunan dua jembatan ini jelas Arifin, menunggu rekomendasi dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC). Pasalnya, jembatan tersebut berada di atas sungai Ciliwung, yang merupakan kewenangan dari BBWSCC.

“Nanti dari Dinas Bina Marga bersama dengan pelaksana dalam hal ini PT Wiratman, akan meminta rekomendasi terlebih dahulu dengan BBWSCC, untuk pelaksanaan pekerjaannya,” ungkapnya.

Sedangkan dalam proses pembangunan kedepan. Arifin akan membagi tugas kepada kelurahan setempat, untuk berkoordinasi dengan warga terkait lahan yang akan digunakan. “Ini menjadi kebutuhan bersama. Di satu sisi, masyarakat memang butuh, dan kami pemerintah memberikan pelayanan publik, merespon dengan kondisi yang sekarang,” ulas dia.

Pembangunan jembatan baru ini, akan menggunakan tanah milik warga Depok dan Jakarta Selatan.

“Jakarta sendiri tanah milik warga yang terkena sekitar 20 sampai 30 meter, untuk Depok agak lebih besar, kurang lebih 60 meter,” terang Arifin.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, Manto Jorgi mengatakan, nantinya jembatan tersebut akan memiliki panjang 50 meter dan lebar 2 meter. Durasi pengerjaan jembatan itu ditaksir mencapai 4 bulan pengerjaan.

Tentu dalam pelaksanaan pembangunan gantung, Depok membantu dengan memasang rambu dan penerangan.  Hal ini sesuai hasil rapat dengan Pemerintah Jakarta Selatan yang langsug dipimpin Walikota Jakarta Selatan. Pembangunan jembatan gantung akan dimulai dua minggu kedepan. “Kami bantu untuk antisipasi pengamanan jembatan lama dengan pemasangan rambu dan penerangan,” kata Manto.

Terkait penerangan disisi wilayah Kota Depok akan dikoordinasikan dengan Dishub Depok untuk pasang PJU.

“Jembatan yang akan dibangun khusus diperuntukan bagi pejalan kaki saja. Selain itu aktivitas warga tidak akan terganggu, lantaran jembatan gantung yang lama masih bisa digunakan selama jembatan baru dibangun,” pungkasnya.(irw)

You may also read!

Wakil Walikota Depok: Empat Program P2WKSS Diprioritaskan

DEPOK – Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna mendorong Perangkat Daerah (PD) yang terlibat dalam program Peningkatan Peranan Wanita menuju

Read More...

Fasilitas RSUD Depok Kian Lengkap, Gedung B-D Diresmikan

DEPOK – Janji Pemerintah Kota Depok memberikan layanan kesehatan maksimal untuk masyarakat perlahan terpenuhi. Minggu (22/7) pagi, Walikota Depok,

Read More...

Polresta Depok Usut Mobil Artis Neno Warisman yang Terbakar

DEPOK – Mobil Daihatsu Xenia milik artis tahun 1990-an, Neno Warisman, terbakar pada Rabu (19/7) sekitar pukul 23.00 di

Read More...

Mobile Sliding Menu