Rekrut PPL, Panwascam Cimanggis Kejar Tayang

In Politika

 

RICKY/RADAR DEPOK
PENGAWAS: Komisioner Panwascam Cimanggis saat berfoto di sekretariat mereka di Jalan Gadog Raya Perumahan Decassa Nomor A10 RT05/06 Kelurahan Cisalak Pasar, Cimanggis, kemarin.

DEPOK Padatnya tahapan kegiatan yang dijadwalkan pengelenggara Pemilu, baik KPU maupun Bawaslu membuat Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Cimanggis, kejar tayang dalam perekrutan Panitia Pengawas Lapangan (PPL) untuk wilayahnya.

Ketua Panwascam Cimanggis, Khairul Anwar mengatakan, saat ini selain melakukan pengawasan untuk tahapan verifikasi faktual dari KPU,  pihaknya tengah mempersiapkan PPL yang nantinya akan ditempatkan di tiap kelurahan.

“Alhamdulillah, setelah tahapan administrasi, selanjutnya akan melaksanakan wawancara pada 12-13 Desember. Yang mendaftar PPL 20 orang,” katanya kepada Radar Depok, kemarin.

Bang Yul-sapaannya-menuturkan, nantinya sesi wawancara di Sekretariat Panwascam Cimanggis dan akan dibagi menjadi dua hari. Jumat (12/1) untuk dua kelurahan dan Sabtu (13/1) untuk empat kelurahan lainnya.

Diketahui, Kecamatan Cimanggis memiliki enam kelurahan, yakni, Pasir Gunung Selatan, Tugu, Mekarsari, Cisalak Pasar, Harjamukti dan Curug.

“Karena 12  Desember berbenturan dengan Salat Jumat, jadi kami baru mulai pukul 13.30 WIB, ini untuk dua kelurahan. Kalau satu waktunya lebih panjang, bisa empat kelurahan sekaligus, karena dari pagi hingga sore,” katanya.

Setelah tahapan wawancara, selesai, pihaknya akan menggelar rapat pleno bersama dua komisioner Panwascam lainnya, untuk menentukan satu PPL tiap kelurahan dan pada 15 Desember akan diumumkan.

“17 Desember langsung pelantikan dan 20 Desember ada launching pencoklitan (pencocokan dan penelitian /coklit). Memang jika dibilang kita kejar tayang untuk mengejar tahapan itu,” ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya tetap mengutamakan output yang baik dari perekrutan PPL yang tengah dilaksanakan. Sebab, kata dia, dari tahapan pengumuman pendaftaran PPL yakni 28 Desember 2017 hingga 4 Januari 2018 dipasang di tiap kantor kelurahan dan lokasi strategis, sehingga mereka yang mau mendaftar merupakan orang-orang yang memiliki keinginan mensukseskan Pemilu, dalam kaitan pengawasannya.

Sementara, dari seluruh yang mendaftar, 99 persen merupakan orang baru dan belum pernah menjadi PPL sebelumnya.

“Memang banyak yang sebelumnya bertugas sebagai pengawas TPS pada Pilkada, tapi yang PPL cuma satu orang. Sesuai prosedur arahan pendaftaran harus tiga orang minimal per kelurahan pun terpenuhi. Nanti saat wawancara, kami diminta rekam dan dikirim ke pusat hasilnya,” paparnya.

Dari sini, ia berharap agar masyarakat juga berperan aktif dalam pengawasan. Khusus untuk perekrutan PPL, pihaknya menyiapkan layanan aduan, jika ada calon yang tidak memenuhi syarat, misalnya masuk sebagai anggota parpol tertentu.

“Kami menyiapkan formulir aduan di sekretariat. Identitas pun akan kami rahasiakan. Dengan partisipasi dari masyarakat dan seluruh stakeholder, diharapkan dapat terselenggara Pemilu yang diidam-idamkan seluruh masyarakat. Sesuai dengan tagline Bawaslu akni ‘Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu’,” tandasnya.

Anggota Panwascam Cimanggis, Metrido Rinaldi menambahkan, saat ini pihaknya pun tengah mengawasi jalannya verifikasi faktual untuk Partai Berkarya dan Garuda. Meski demikian, berkat kekompakan dan tanggungjawab yang ditunjukan seluruh komisioner beserta staf, semua dapat diselesaikan bersama.

“Untuk verifikasi faktual 12 Desember selesai dan  diberi waktu dua minggu untuk perbaikan jika memang perlu perbaikan,” pungkasnya. (cky)

You may also read!

Awas Korupsi Nangka Berujung SP3

DEPOK – Berkas dugaan korupsi pelebaran Jalan Nangka, Kecamatan tapos, milik Nur Mahmudi Ismail dan Harry Prihanto tak ada

Read More...

MR-ORI Depok di Bawah Target Kemenkes

DEPOK– Cakupan imunisasi measle-rubella (MR) dan outbreak response imunization (ORI) difteri 3 di Kota Depok, masih di bawah target

Read More...

Sehat Dimulai dari Cuci Tangan

DEPOK – Memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS). Selasa (16/10), Walikota Depok Mohammad Idris, Dinas Kesehatan (Dinkes)

Read More...

Mobile Sliding Menu