Menaker Minta Sambut Pilgub dengan Gembira 

In Politika
RICKY/RADAR DEPOK
PENCOCOKAN DATA: KPU beserta jajarannya saat mencoklit di kediaman Menaker, Hanif Dhakiri di Perumahan Permata Depok, Sektor Pirus, Kelurahan Pondok Jaya, Cipayung, Minggu (21/1).
 

DEPOK KPU Kota Depok melakukan pencocokan dan penelitian (coklit), dengan menyambangi kediaman Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Hanif Dhakiri di Perumahan Permata Depok Sektor Pirus, Kelurahan Pondok Jaya, Cipayung.

Pada dasarnya, Hanif mendukung langkah yang dilakukan penyelenggara pemilu yang aktif mensosialisasikan Pilgub Jabar 2018 kepada masyarakat.

“Pemilu adalah mekanisme demokrasi 5 tahun sekali. Mari sambut dengan penuh kegembiraan. Tidak perlu ribut, marah atau berselisih satu sama lain. Coklit ini sangat penting agar masyarakat tahu,” kata Hanif kepada wartawan.

Kader Partai Kebangkitan bangsa (PKB) itu berpesan agar masyarakat jangan mudah menelan berbagai isu berbau SARA. Dalam undang-undang, menurutnya, secara tegas sudah dilarang. Jadi dia mengimbau tokoh publik untuk dapat mengeliminir segala bentuk hoax.

“Pilgub Jabar harus jadi edukasi dan wisata bagi warganya. Pemilu ini milik masyarakat, karena itu saya harap KPU dapat menyosialisasikannya kepada masyarakat dengan baik dan benar,” terangnya.

Ketua KPU Jawa Barat, Yayat Hidayat mengucapkan terima kasih kepada Hanif Dhakiri yang sudah memberikan akses kemudahan untuk coklit data pemilih. Ia berharap mudah-mudahan kesempatan ini bisa menular ke pihak lain terutama kelompok menengah ke atas.

“Hal yang paling menyulitkan PPDP adalah mengakses masyarakat kalangan menengah ke atas. Mudah-mudahan dengan terbukanya pintu rumah dari Pak Hanif ini bisa dijadikan virus positif,” ujar Yayat.

Sebab, menurut Yayat, berkaca dalam gelaran Pilkada sebelumnya, pelaksanaan coklit data pemilih ke rumah mewah dan masyarakat pada umumnya, masih dirasa KPU Jabar sulit dilakukan. Karenanya, coklit kepada publik figure kini gencar dilaksanakan.

Menurut dia, coklit serentak tengah dilakukan di Jawa Barat. Untuk dua hari pertama, coklit mengincar rumah publik figure atau tokoh masyarakat. Apalagi coklit dilaksanakan agar pihaknya mengetahui pemilih yang mana saja sudah tidak terdaftar atau tidak memiliki hak pilih. Sedangkan untuk coklit kepada publik figure, hal itu dilaksanakan guna menyingkirkan stiga sulitnya mengakses masyarakat dari kalangan menengah atas untuk dicoklit.

“Dalam beberapa kali pemilu kami kan sering mendapat keluhan mengenai coklit. Ke rumah pejabat saya rasa tidak terlalu susah. Yang sulit itu ke rumah pembisnis, karenanya coklit ke rumah pejabat dan tokoh lainnya tengah dilakukan,” ungkap Yayat.

Kesulitan untuk mencoklit ke rumah-rumah mewah, menurut dia, terjadi karena masyarakat belum mengetahui pentingnya kegiatan tersebut. “Kami merasa perlu sosialisasi yang gencar agar masyarakat mengetahui kegiatan demi kegiatan Pilgub yang sedang berlangsung,” kata dia.

Untuk dua hari pelaksanaan coklit di rumah publik figure menurut Yayat, hasilnya para publik figure yang dicoklit sangat menerima dan mudah untuk diakses.

“Alhamdulilah dari dua hari coklit yang kami lakukan ke publik figure tidak ada kendala, kami diterima dengan baik. Untuk di Depok, kami sudah melakukan coklit ke pemusik kelas dunia Adi MS, aktris Meriam Belina dan Pak Menteri Hanif Dhakiri,” ungkap dia.

Kata Yayat, untuk di Jawa Barat, Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) sebanyak 35,5 juta jiwa. Jumlah itu dapat bertambah atau berkurang. “Nantinya proses coklit ini akan menentukan apakah pemilihnya berkurang atau bertambah,” ucap Yayat.

Sementara, Ketua KPU Kota Depok, Titik Nurhayati menyebut, dalam pelaksanaan coklit yang menyasar publik figure, pihaknya harus lebih banyak mengerti kegiatan tokoh atau publik figure yang dicoklit.

“Kesulitannya tidak ada dalam pelaksanaan coklit ini, tapi mungkin kami harus lebih sering menyesuaikan dengan jadwal mereka,” terang Titik. (cky)

You may also read!

Setengah Bulan Tanpa Ilmu, Disdik Depok: Aspirasi Akan Disampaikan ke Pusat

DEPOK – Jika ini benar, anak didik di Kota Depok akan ketinggalan pelajaran. Kemarin, puluhan guru honorer, yang tergabung

Read More...

Pasar Kemirimuka Depok Tidak Bisa Diesekusi

DEPOK – PT Petamburan Jaya Raya (PJR) semakin terpojok saja. Kemarin, dalam sidang lanjutan Derden Verzet, sengketa lahan Pedagang

Read More...

Sebulan TMMD Garap Cipayung, Kota Depok

DEPOK – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 pada Tahun 2018 resmi dibuka, di Lapangan Serong, Kecamatan

Read More...

Mobile Sliding Menu