Melihat Ulang Tahun Perdana KP2D

In Komunitas Depok, Politika
follow :
RICKY/RADAR DEPOK
ALAM TERBUKA : Anggota KP2D saat mengarungi Kali Pesanggrahan yang melintasi Kecamatan Cinere-Limo, Kota Depok.

Komunitas Peduli Pesanggrahan Depok (KP2D) terus berkegiatan serta bergerak untuk membersihkan dan menjaga ekosistem Kali Pesanggrahan yang mengalir melintasi Kota Depok ini agar tetap lestari. Tidak terasa komunitas yang concern di Pesanggrahan ini telah setahun berdiri. Mereka pun mempersiapkan rangkaian acara perayaan pembentukan KP2D.

LAPORAN : Ricky Juliansyah

 

Tidak hanya berkegiatan di Kali Pesanggrahan untuk pengarungan dan membersihkan sampah-sampah yang mengotori kali. KP2D juga aktif dalam merawat tanaman yang ada di bantaran Kali Pesanggrahan.

Anggota KP2D melakukan pemeliharaan tanaman dan membersihkan ilalang-ilalang yang sudah tinggi di sekitar bantaran Kali Pesanggrahan di wilayah fasos fasum Perumahan Puri Cinere, Kecamatan Cinere.

Bersenjatakan arit dan alat potong seadanya, mereka bergotong royong memangkas ilalang yang telah tinggi serta mengganggu pohon peradu yang sengaja ditanam untuk penghijauan di sekitar wilayah tersebut. Pasalnya di Februari 2017, mereka menanam 500 pohon.

Tidak terasa, kegiatan yang mereka lakukan di Kali Pesanggrahan sudah satu kali revolusi bumi. Tepat 7 Januari 2017 kemarin, mereka mendeklarasikan diri membentuk wadah pencinta lingkungan yang berkegiatan di Pesanggrahan.

Komunitas yang diketuai Nurdiansyah ini pun mengadakan aca untuk merayakan hari jadi pertama untuk KP2D. Berbicara KP2D pasti tidak jauh dari kegiatan yang berkaitan dengan alam, khususnya di Kali Pesanggrahan, sudah barang tentu mereka akan melaksanakan perayaan lahirnya komunitas mereka di Pesanggrahan.

“Memang tidak terasa, sudah setahun kami berkegiatan, baik di Kali Pesanggrahan dan lingkungan di Kota Depok. kami bersama anggota untuk melestarikan Kali Pesanggrahan dan menggugah kesadaran masyarakat. Tepat 7 Januari kemarin dibentuknya KP2D,” kata pria yang akrab disapa Nurdin.

Lantaran persiapan dan lain hal, KP2D tidak melaksanakan perayaan tepat pada 7 Januari, tetapi mereka akan melakukan kegiatan pada 13 Januari. Adapun kegiatan yang akan dilakukan, yakni mengumpulkan sahabat dari lintas komunitas, khususnya yang berkegiatan di alam dan upaya pelestarian lingkungan.

Kata pria yang gemar bercanda ini, istilahnya Ngariung bersama sahabat-sahabat komunitas untuk berdiskusi terkait pelestarian alam. Sudah pasti, mereka pun akan menjadwalkan ngarung bareng di Kali Pesanggrahan.

Tidak hanya itu, mereka pun mengadendakan untuk melakukan santunan anak yatim yang ada di sekitar lingkungan mereksa.

“Kami ingin melestarikan lingkungan, tidak juga lupa akan keberadaan anak yatim, dengan harapan, doa mereka untuk komunitas kami semakin baik, upaya kami menggugah kesadaran masyarakat guna menjaga ekosistem Kali Pesanggrahan dapat dikabulkan Allah SWT,” ucap Nurdin (*)

You may also read!

Eti Hadiri Musrenbang di Jatijajar

follow :DEPOK – Politikus Partai Golkar Eti Susilawati turut andil dalam pembangunan di Kota Depok. Belum lama ini, ia

Read More...

150 Kader Partai Berkarya Depok Ikut Haul Pak Harto

follow :DEPOK – Sebanyak 150 pengurus dan kader DPD Partai Berkarya Kota Depok akan bertolak ke Jawa Tengah, untuk

Read More...

HTA Senang Relawan Hasanah Makin Solid

follow :DEPOK – Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Depok, Hendrik Tangke Allo merasa optimis bila pasangan calon Gubernur dan

Read More...

Mobile Sliding Menu