Jaga Ekosistem Situ,  Sediakan Wisata Air untuk Masyarakat

In Satelit Depok, Wilayah Depok
DICKY/RADARDEPOK
SUMRINGAH: Pokdarwis Situ Pengasinan bersama Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heriyawan, usai pelepasan bibit benih ikan di Situ Pengasinan,  Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Kamis (11/1).

Situ Pengasinan di wilayah Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, merupakan salah satu objek wisata air di Kota Depok. Namun,  di balik keindahan Situ Pengasinan, peran besar Pokdarwis Situ Pengasinan tidak dapat dibantahkan. Berkat program kerja yang dimiliki Pokdarwis Situ Pengasinan mampu menjaga ekosistem situ dan pengelolaan wisata air Situ Pengasinan.

Laporan : Dicky Agung Prihanto

 

Situ Pengasinan memiliki daya tarik tersendiri bagi Kota Depok, mulai dari tempat, keindahan alam, hingga sumber daya situ yang kerap dimanfaatkan masyarakat untuk kelangsungan hidup. Mempertahankan semua itu, Situ Pengasinan, Pokdarwis Situ Pengasinan terus melakukan pengelolaan dan menjaga kelestarian Situ Pengasinan.

Ketua Pokdarwis Situ Pengasinan, Asyari mengatakan, Situ Pengasinan memiliki luas sekitar enam hektare dengan kedalaman sekitar tiga hingga empat meter.

“Ini merupakan salah satu aset Pemkot Depok dalam resapan air, selain itu juga untuk tempat wisasta, ” ujar Asyari.

Pria yang mengenakan kacamata tersebut mengungkapkan, Situ Pengasinan memiliki sumber daya yang cukup banyak dalam perikanan. Tidak sedikit masyarakat yang mencari ikan di Situ Pengasinan, untuk menafkahkan keluarganya. Apalagi, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menambah bibit ikan di Situ yang terkenal akan kesejukannya tersebut. Hal itu menjadi keberkahan bagi masyarakat Pengasinan maupun wilayah disekitar situ.

Tidak hanya itu, guna menjaga kelestarian dan ekosistem Situ Pengasinan,  Pokdarwis membantu Pemkot Depok dalam menjaga kebersihan dan kelestarian situ. Hal itu dilakukan guna mendukung Situ Pengasinan menjadi objek wisata air di Kota Depok. Pihaknya telah menyediakan perahu bebek sebanyak 29 unit, satu perahu rakit, satu perahu naga, dan satu perahu rescue.

“Situ Pengasinan merupakan  destinasi tempat hiburan masyarakat Kota Depok dan kami akan berusaha terus menjaganya, ” tutup Asyari sambil tersenyum. (*)

You may also read!

Naik Level

Sewindu. Tahun ini, 15 Juli 2018 Harian Radar Depok alhamdulillah sudah beranjak usia ke delapan. Perjalanan panjang dilalui dari

Read More...

Semarak, Nobar Final Piala Dunia di Rutan Depok

DEPOK – Nonton bareng (nobar) final Piala Dunia 2018 antara Perancis melawan Kroasia, Minggu (15/7) malam, berlangsung semarak di

Read More...

13 Korban Guru Cabul di Depok Direhabilitasi

DEPOK – Komisi Perlindungan Anak Indoneisa (KPAI), terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Depok. Teranyar, 13 korban guru WA sudah

Read More...

Mobile Sliding Menu