Dongkrak PAD dengan Pemberdayaan Masyarakat

In Politika
FOTO:  Ketua DPC PAN Kecamatan Cimanggis, Lalu Sumiartha

DEPOK Belum seimbangnya neraca APBD dengan PAD Kota Depok mendapat perhatian serius dari Ketua DPC PAN Kecamatan Cimanggis, Lalu Sumiartha. Karenanya ia meminta pemerintah untuk memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan PAD Kota Sejuta Maulid.

Pria yang akrab disapa Bang Lalu ini menerangkan, dari total APBD Kota Depok tahun 2018 sebesar Rp2,7 triliun, sedangkan PAD nya Rp980 miliar. Berarti PAD kota Depok hanya 36,2 persen dari APBD. Sisanya dari dana perimbangan pusat.

Kemudian, PAD tahun 2016 sebesar Rp847 miliar. PAD tahun 2017 Sebesar Rp980 miliar. Berarti ada peningkatan PAD dari thn 2016 ke tahun 2017 sebesar Rp133 miliar.

“Untuk 2018 PAD ditargetkan 1,02 Triliun. Ada penambahan dari  2017 sebesar Rp40 miliar. Berarti terjadi penurunan kenaikan PAD dari tahun 2016 ke 2017 dengan tahun 2017 ke 2018 (mengalami pertumbuhan negatif),” kata Bang Lalu.

Yang lebih membuat ia prihatin, Kota Depok mengalami divisit anggaran sebesar Rp300 miliar, untuk anggaran tahun 2018. Sehingga, banyak terjadi penghematan anggaran dan pemangkasan sejumlah program pemerintah kota yang berdampak pada masyarakat dan penyelesaian beberapa pembangunan infrastruktur.

“Seharusnya pemkot Depok dari APBD yang ada bisa menciptakan peningkatan PAD, sehingga mampu untuk mandiri,” ujarnya.

Pemkot Depok, lanjut Bang Lalu, harus mempunyai inisiatif, inovasi dan kreatifitas dengan sumber daya yang ada, dengan menciptakan potensi-potensi baru untuk peningkatan PAD-nya, sekaligus memberdayakan perekonomian masyarakat.

Karenannya, Pemkot Depok harus mempunyai pemikiran ‘out of the box’, tidak hanya mengandalkan pada rutinitas perolehan PAD yang selama ini berjalan.

“Saya selaku warga masyarakat kota Depok yang sering turun ke masyarakat, mendengar, melihat kondisi riil di lapangan, siap memberikan solusi,” pungkasnya. (cky)

 

You may also read!

Polresta, Kejari, Mandek… Kejari Menunggu Pengembalian Berkas Korupsi

DEPOK – Sepertinya Polresta Depok bisa leluasa melengkapi berkas perkara korupsi Jalan Nangka, Kecamatan Tapos. Kemarin, Kejaksaan Negeri (Kejari)

Read More...

Gara-gara Naavagreen Nyamuk Saja Jatuh, Grand Opening Hari Ini

DEPOK – Kebutuhan perawatan kulit wajah dan tubuh, sudah menjadi perhatian penting bagi perempuan maupun laki-laki. Apalagi di zaman

Read More...

Soal Limbah Situ Rawa Kalong, Pemkot Depok Tunggu Hasil BBWSCC

DEPOK – Tercemarnya Situ Rawa Kalong di Kelurahan Curug,  Cimanggis sudah tak terbendung. Saat ini, Pemkot Depok tengah menunggu

Read More...

Mobile Sliding Menu