Dari Rp2.000 Jadi Jalan Dua Ribu

In Satelit Depok, Wilayah Depok
IST
MULUS: Penampakan Jalan Dua Ribu, Kelurahan RJB, Kecamatan Pancoranmas yang sudah rampung dibangun oleh warga secara swadaya.

DEPOK – Tidak disangka dari hasil urunan Rp2.000 dari warga RW12, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru (RJB) dan hasil ‘ngecrek’, berhasil menjadikan jalan di kawasan tersebut mulus. Bahkan, tidak tanggung-tanggung, jalan tersebut diberinama Jalan Dua Ribu, untuk mengenang upaya urunan tersebut.

Jalan Dua Ribu tersebut, memiliki panjang 220 meter lebar tiga meter, yang menjadi akses RW12, Kelurahan RJB, Kecamatan Pancoranmas menuju RW11, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan. Hasil dari urunan selama setahun tiga bulan, terkumpul dana untuk memuluskan jalan tersebut, yakni Rp700 juta.

Ketua RW12 , Kelurahan RJB, Rusdi mengatakan, Jalan Dua Ribu dibangun atas inisiatif warga di dua kelurahan yaitu Kelurahan Rangkapan Jaya Baru dan Pasir Putih.

“Sejak 1 Januari 2018 kami resmikan jalan tersebut. Warga bisa mengakses jalan tersebut 24 jam. Selain itu, Jalan Dua Ribu tersebut menyebrangi Sungai Pesanggrahan dan dibangun dipinggir sungai tersebut,” katanya.

Dikatakannya, kebersamaan dan tekat panitia penyelenggara proyek jalan alternatif tersebut menjadikan masyarakat semangat dalam bergotong-royong membangun Jalan Dua Ribu. Pembangunan jalan bersumber dari sumbangan warga dan pengguna kendaraan yang melintas sebesar Rp 2.000.

“Meski jalan telah rampung, kami mengusulkan untuk pelebaran jembatan dan membangun pos jaga. Semua itu agar situasi sekitar jalan aman dan bebas dari tindak kejahatan. Usulan tersebut telah kami sampaikan ke lurah di dua kelurahan itu,” jelasnya.

Rusdi menambahkan, usulan dan saran pembangunan jembatan baru telah disampaikan agar masuk pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

“Sebab jembatan yang sekarang lebarnya hanya satu meter. Kami berharap memiliki jembatan yang lebih besar,” harapnya.

Sebelumnya, Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna memuji kekompakan warga Kelurahan RJB yang telah membangun jalan lingkungan (jaling) RW 12. Apalagi, jalan tersebu, dibangun secara swadaya dari masyarakat, jadi membuktikan kesadaran warga terhadap lingkungannya sendiri sudah baik.

“Kebersaman adalah ciri warga Depok, untuk itu dibangunnya jaling RW 12 secara swadaya menunjukkan kebersamaan dan kekompakan masyarakat,” kata Pradi saat meninjau Jalan Dua Ribu tersebut, Rabu (10/1).

Di tempat yang sama, Sekretaris Komisi C DPRD Depok, Edi Masturo mengatakan, sumbangsih masyarakat dalam membangun wilayah di Kota Depok memang tetap terjaga dengan baik. Dirinya pun mengapresiasi warga atas pembangunan jaling RW 12 tersebut.

“Kita bersyukur sebab semua berjalan baik dan kondusif. Dalam setahun tiga bulan warga dan pengguna sepeda motor menyisihkan Rp 2.000 untuk menyumbang pembuatan jalan alternatif,” terangnya. (cr1)

You may also read!

Kepsek Se-Depok Dipanggil KPAI

DEPOK – Kasus kekerasan seksual terhadap 13 anak sekolah dasar oleh gurunya, digeber Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Terbaru

Read More...

Dua CCTV Nihil, Polisi Sebar Sketsa Pelaku Pelemparan Batu di Depok

DEPOK – Upaya polisi untuk mendeteksi wajah dan perawakan pelaku pelempar Raffa (9) melalui CCTV di Jalan Juanda bakal

Read More...

Hasil KLA Depok Diumumkan 23 Juli

DEPOK – Pengumuman hasil penilaian status Kota Layak Anak (KLA), akan diumumkan 23 Juli mendatang. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan

Read More...

Mobile Sliding Menu