Bersihkan Kali Tanah Baru dari Tumpukan Sampah

In Satelit Depok, Wilayah Depok
INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK
MEMBERSIHAKAN: Suasana warga RT01/11, Kelurahan Pancoranmas yang sedang kerja bakti membersihkan sampah di Kali Tanah Baru.

Tak perlu menunggu jadi aktivis, untuk turut serta menjaga kebersihan serta kelestarian lingkungan. Hal itulah yang kiranya mempelopori sekelompok warga di RT01/11, Kelurahan/Kecamatan Pancoranmas untuk kerja bakti membersihkan sampah di Kali Tanah Baru yang cukup besar dan memiliki arus yang deras.

LAPORAN : INDRA ABERTNEGO SIREGAR

Di sebuah tepi jalan di sekitaran Jalan Raya Tanah Baru, yang masih termasuk di dalam kawasan Kelurahan Pancoranmas, tampak sekelompok warga sedang bergerombol di kali yang berada tepat di tepi jalan tersebut.

Derasnya arus kali, tak menciutkan nyali mereka untuk menyusuri tiap sisi kali tersebut. Tampak seorang warga baru saja menepi, dan naik ke daratan sambil membawa seonggok sampah plastik. Pria itu adalah Sulaiman, dia merupakan pengurus RT01/11, Kelurahan Pancoranmas.

Sembari mengumpulkan sampah yang berhasil dikumpulkan bersama teman – temanya dari kali, Sulaiman mengatakan, mereka sedang melaksanakan kegiatan kerja bakti untuk membersihkan Kali Tanah Baru di sekitar lingkungan mereka yang dirasa sudah kotor dan mengalami penyempitan akibat banyaknya sampah menumpuk.

“Banyak orang buang sampah ke kali, akibatnya pada nyangkut di jembatan di sini dan kali juga jadi sempit,” ungkapnya.

Dia menambahkan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan pertama kali yang dilakukan di Kali Tanah Baru, karena biasanya kerja bakti mereka hanya menyasar lokasi – lokasi yang ada di permukaan tanah dan selokan saja.

“Kegiatan ini dapat terlakasana berkat inisiasi dari Ketua RT kami,” sambungnya.

Dia berharap, kerja bakti membersihkan Kali Tanah Baru tersebut dapat menjadi agenda rutin. Sebab kelestarian Kali Tanah Baru dirasa sangant vital. Karena bila kali tersebut meluap akan mengakibatkan banjir di lingkungan mereka, bahakan wilayah lain yang dilalui oleh arus kali tersebut.

“Kegiatan kali ini, kami hanya berjumlah 25 orang warga, mudah – mudahan kedepanya lebih banyak lagi warga yang akan ikut kerja bakti,” tutupnya. (*)

You may also read!

Suami di Depok Cekik Istri Hingga Tewas

DEPOK – Yerimia terbilang sadis terhadap istrinya Risma Sitinjak. Pria berusia 28 tahun itu mencekik Risma hingga tewas, di

Read More...

Luas Tanah Pasar Kemirimuka Depok SK Gubernur dan SHGB Beda

DEPOK – Ada fakta baru yang disajikan dalam pembacaan replik di sidang gugatan Derden Verzet, di Pengadilan Negeri (PN)

Read More...

Hewan Kurban Sehat Diberi Tanda Pin

DEPOK – Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Depok memeriksa hewan kurban di

Read More...

Mobile Sliding Menu