Abu Tours Ngeles Pajak

In Metropolis
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
TAMPAK SEPI : Kantor Abu Tours & Travel yang berada di Jalan Raya Bogor KM.31, No. 19, Cimanggis terlihat sepi, kemarin.

DEPOK-Satu persatu perusahaan yang menyediakan jasa umrah mulai diketahui belangnya, setelah kasus Fisrt Travel terungkap. Selain PT Solusi Balad Lumampah (SBL) yang menunda penerbangan ribuan jamaahnya, terbaru perusahaan Abu Tours juga belum membawa 27.000 jamaah ke Mekkah. Khusus di Depok perusahaan Abu Tours membuka dua cabang, di Jalan Raya Bogor KM 31 No19, Kelurahan Cisalak, Cimanggis dan Jalan Cinere Raya No102E, Kelurahan/Kecamatan Cinere.

Resepsionis Abu Tours di Sukmajaya, Dian menuturkan, tidak ada pembatalan keberangkatan umrah bagi para jamaah Abu Tours untuk cabang Depok. Tapi, hanya ditunda keberangkatannya saja. “Tidak ada pembatalan keberangkatan. Cuma ditunda, dijadwalkan Febuari sudah bisa berangkat para jamaah umrah. Termasuk jamaah Depok,” ungkap Dian, kepada Harian Radar Depok saat ditemui di kantor Abu Tours, kemarin.

Disebutkan, Abu Tours ini memiliki 25 cabang se-Indonesia. Untuk di Depok ada dua cabang di Jalan Raya Bogor, Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya dan di kawasan Kecamatan Cinere. Dian menegaskan, terkait lebih jelas keterangan terkait penundaan, dia tidak bisa memberikan keterangan lanjut. “Kalau lebih jelas pihak manajemen yang tahu, karena Minggu (21/1) libur,” tegasnya.

Radar Depok mencoba ke Kecamatan Cinere, kondisi Perusahaan Travel Abu Tours yang berada di Jalan Cinere Raya Nomor 102e, Cinere nampak sepi. Kondisi tersebut lantaran Abu Toura sudah tidak menerima perjalanan umrah di tahun 2018, karena kuota keberangkatan Abu Tours sudah full booked.

Menurut petugas pelayanan Abu Tours Cinere, Feny Dwi Handayani mengungkapkan, tidak bisa memberangkatkan 27 ribu jamaah lantaran Arab Saudi menerapkan pajak pertambahan nilai (PPN) sebesar 5 persen mulai awal 2018. Hal itu dinilai akan berdampak terhadap biaya haji dan umrah.

“Itu karena ada kenaikan pajak lima persen dari pemerintah arab, jadi kami menyesuaikan harga. Dan tidak ada pembatalan keberangkatan hanya ditunda, yang seharusnya berangkat Januari, diundur jadi Februari,” jelas Feny.

Dan di 2018, sambung dia Abu Tours tidak membuka keberangkatan, ini dikarenakan sudah terpesan semua. Jadi hanya membuka paket perjalanan umrah untuk tahun 2019. Untuk paket umrah selama sembilan hari pihaknya mematok harga Rp20 juta, sudah termasuk biaya penginapan dan akomodasi saat berada di Arab Saudi. “Sembilan hari itu, 4 hari di Mekkah, 3 hari di Madinah, dan 2 hari perjalanan pergi pulang,” ujar Feny.

Dia juga menjelaskan, penginapan yang akan digunakan menggunakan AC dan tidak terlalu jauh dari masjid, sehingga jamaah bisa beribadah setiap saat. Jika ingin mendaftar sebagai jamaah umroh di Abutour, pihaknya memberi persyaratan kepada jamaah untuk membayarkan DP sebesarRp 10 juta. “Sisanya dibayar tujuh bulan sebelum keberangkatan,” ujar Feny.

Namun, pihaknya belum bisa menjelaskan apasaja fasilitas yang akan didapat dan rute perjalanan yang akan dilalui jamaah. “Detailnya saya belum tahu, nanti sebelum keberangkatan ada penjelasannya,” tandas Feny.

Berdasarkan laporan dari Ombusdmas RI. Jasa perjalanan umrah perusahaan  Abu Tours belum berangkatkan jamaah umrah sebanyak 27.000 orang se-Indonesia. Hal ini percis permasalahan yang dilakukan First Travel kepada ribuan jemaah umrah.(cr2/irw)

You may also read!

Cipayung Dapat 9 Wakil

DEPOK– Sebanyak sembilan mata lomba digulirkan dalam Pentas PAI tigkat SD di Kecamatan Cipayung. Total ada 28 SD negeri

Read More...

Terapkan Hafal 3 Juz, Bahasa Arab-Inggris

DEPOK– Mencetak peserta didik yang bertakwa, mandiri, dan berwawasan Iptek, SMP Islam Terpadu (SMPIT) Al Hikmah di Kelurahan Cipayung

Read More...

LLP Cinere Resmi Bergulir

DEPOK– Lomba-lomba Pendidikan (LLP) tingkat Kecamatan Cinere, resmi bergulir kemarin. Perhelatan lomba yang digabung menjadi satu ini diikuti puluhan

Read More...

Mobile Sliding Menu