UPF Puskesmas Sosialisasikan HIV

In Satelit Depok, Wilayah Depok
INDAH/RADAR DEPOK
SEMAKIN TAHU: Pengunjung Puskesmas Kelurahan Cipas mendapat penyuluhan mengenai HIV/Aids dari pihak puskesmas.

DEPOK – UPF Puskesmas Kelurahan Cisalak Pasar (Cipas), Kecamatan Cimanggis menggelar sosialisasi rutin mengenai kesehatan di Aula Puskesmas Cipas. Kali ini, pihak puskesmas memberikan penyuluhan mengenai HIV/Aids.

Penyuluhan ini terasa berbeda, sebab hari tersebut merupakan Hari Ulang Tahun (HUT) UPF Puskesmas Cipas. Meski tidak merayakan dengan besar-besaran, namun pihak puskesmas peringatinya dengan memberikan informasi kesehatan agar bermanfaat.

“Penyuluhannya sudah rutin, topiknya bergantian agar semua tema bisa dismpaikan ke pengunjung. Terasa spesial, karena hari ini ulang tahun puskesmas Cipas yang ke empat,” kata Kepala UPF Puskesmas Cipas, dr. Winarni Naweng Triwulandari kepada Radar Depok.

Sepanjang tahun 2017 sudah banyak penyuluhan atau sosialisasi yang diselenggarakan oleh Puskesmas Cipas untuk pengunjung. Kurang lebih 30-40 pengunjung menyimak sosialisasi tersebut.

“Hari ini (Sabtu) penyuluhan tentang HIV/Aids, kami beritahukan definisi HIV dan Aids, penularannya, pencegahannya, bagaimana cara pemeriksaan dini, serta menghentikan stigma yang tumbuh dimasyarakat bahwa HIV bisa tertular dari bersentuhan tangan, serta menjauhi penderita HIV,” katanya.

Bagi masyarakat yang ingin memeriksakan dini terkait HIV /Aids, pihak puskesmas menyarankan periksa ke UPT Puskesmas Kecamatan Cimanggis. Masyarakat bisa Volluntary Counselling dam Testing (VCT). Menurut data dari Puskesmas Cipas, belum ada warga Cipas yang melaporkan bahwa ada warga yang terkena HIV.

“Kalau di sini belum bisa VCT karena tidak ada laboratorium. Kalau masyarakat mau periksa, bisa ke puskesmas Cimanggis. Dari data kami, belum ada warga yang terkena HIV/Aids. Semoga warga Kelurahan Cipas memahami penyuluhan tersebut, jadi ilmu pengunjung tentang kesehatan bisa bertambah,” tutupnya. (ind)

You may also read!

Berangkat Haji, Wakil Walikota Depok: Saya Ingin Fokus Ibadah

DEPOK – Lebih dari satu bulan, Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna akan cuti dari pekerjaannya di Balaikota Depok. Karena

Read More...

Analis Sebut Ganjil-Genap Bagus

DEPOK – Ganjil-genap di Jalan Margonda Raya saat sabtu dan minggu, dianggap sangat tepat. Adanya penerapan sistem tersebut akan

Read More...

Siluet Presiden Bertebaran di Kampung Lio Depok

DEPOK – Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Mungkin itu pesan yang disampaikan warga Kampung Limo, via gambar siluet. Menyambut hari

Read More...

Mobile Sliding Menu