SP2D Online-ISP2D Pangkas Birokrasi

In Metropolis
IRWAN /RADAR DEPOK
LAUCHING : Walikota dan Walikota Depok bersama pejabat BJB memperlihatkan layanan ISP2D usai didownlod di Hotel Santika, kemarin.

DEPOK-Pemerintah Kota Depok menandatangani perjanjian kerjasama Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Online dan Launching ISP2D, dengan Bank BJB kemarin. Peluncuran yang digelar di Hotel Santika Jalan Margonda, sebagai bentuyk memangkas birokrasi jelimet.

“Tujuannya tak lain untuk memangkas birokrasi admistrasi, yang tadinya mungkin ada beberapa meja kini bisa dilakukan secara online dan tidak perlu mengantre lagi,” singkat Walikota Depok, Mohammad Idris, kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Hal senada juga dikatakan, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok, Nina Suzana. Menurutnya, penerapan itu agar pelayanan dapat berjalan maksimal.

“Kami ingin memangkas birokrasi, yang tadinya ada penumpukan di BKD setiap akhir tahun, tidak terjadi lagi. Itu terkait berkas pelayanan maupun dokumen yang mengantre di kami. Jadi sekarang tidak perlu untuk mengantre lagi,” katanya.

Dengan dilaunchingnya SP2D, sambung dia, nantinya masing-masing dinas atau pihak ketiga tidak perlu lagi untuk mengantre dokumen, data masing-masing dinas baik SPP maupun SPM tinggal ditarik ke BKD untuk dievaluasi sesuai data manual.

“Dokumen yang kami minta disempurnakan, setelah itu kami kirim ke Bank BJB secara online. Kalau dulu kan pihak ketiga kami cetak dulu SP2D-nya dan pihak ketiga yang menghantarkan ke BJB, kalau sekarang tidak perlu karena kami yang mengirimkan itu secara online ke Bank BJB,” paparnya.

Aplikasi SP2D tersebut, bisa langsung diunggah di smart phone. Di sana, para OPD maupun pihak ketiga seperti hal nya pemborong proyek dapat melacak dan mengetahui sudah sejauh mana prosesnya. “Uji coba ini sudah kami lakukan sejak Oktober lalu, dengan tujuan untuk memangkas birokrasi dan efisien waktu,” katanya.(irw)

You may also read!

150 Pelajar Diare Massal, Dinkes Depok: Tunggu Hasil Lab 14 Hari

DEPOK – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Pondok Duta, tengah dirundung musibah. Sejak Rabu (10/10) hingga kemarin, sekolah di

Read More...

Depok Masuk 10 Besar Smart Sanitation

DEPOK – Warga Depok mesti tahu ini. Ternyata kemarin, Kota Depok masuk 10 nominasi Smart Sanitation Award 2018 (SSA)

Read More...

Kajian Ganjil-Genap Depok Lelet

DEPOK – Gaung penerapan sistem ganjil-genap di Jalan Margonda Raya, saat weekend sabtu dan minggu sepertinya hanya angan-angan saja.

Read More...

Mobile Sliding Menu