Melihat BWSCC Bersilaturahmi dengan Komunitas Lingkungan

In Komunitas Depok, Politika
RICKY/RADAR DEPOK
PEDULI LINGKUNGAN: BWSCC bersama komunitas peduli lingkungan melakukan silaturahmi di Rungkun Awi Jalan Pra Asia Afrika 9, Kampung Cisampay, Desa Tugu Selatan Kecamata Cisarua, Kabupaeten Bogor.

Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BWSCC) Direktorat Jendral Sumber  Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengadakan silaturahmi dengan komunitas yang berkegiatan di Sungai Ciliwung dan Cisadane di Rungkun Awi Jalan Pra Asia Afrika 9, Kampung Cisampay, Desa Tugu Selatan Kecamata Cisarua, Kabupaeten Bogor.

LAPORAN: Ricky Juliansyah

Dalam membuat kegiatan dan program, tentu harus mendengarkan masukan dengan yang lebih paham akan hal tersebut. Sehingga, tidak keluar dari koridor yang telah ditetapkan dan lebih mengena serta tepat sasaran.

Tidak hanya meminta saran. Program atau target yang dicapai pun harus disosialisasikan kepada yang benar-benar berkegiatan terkait dengan konteksnya. Karena, apa yang disampaikan benar-benar diaplikasikan dengan benar.

Bahkan, mereka bisa meminta saran atau masukan kepada mereka yang memang beraktivitas di bidang yang sama.

Seperti  Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BWSCC) Direktorat Jendral Sumber  Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang mengadakan silaturahmi dengan komunitas dalam rangka Pengendalian Run Off dalam Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Ciliwung.

Salah satu peserta yang hadir dari Yayasan Sahabat Ciliwung. Ketua Yayasan Sahabat Ciliwungm Hidayat menjelaskan kegiatan silaturahmi tersebut dilaksanakan di di Rungkun Awi Jalan Pra Asia Afrika 9, Kampung Cisampay, Desa Tugu Selatan Kecamata Cisarua, Kabupaeten Bogor.

“Temanya Kembalikan Aku ke Bumi,” kata Hidayat.

Dari silaturahmi tersebut, disosialisasikan terkait pengurangan air yang masuk ke sungai agar ari hujan kembali lagi ke bumi tiak terbuang ke sungai dengan sia-sia. “Pengaplikasianya buat wilayah percontohan di wilayah hulu, tengah dan hilir dengan pembuatan sumur resapan,” kata Dayat.

Tidak hanya Yayasan Sahabat Ciliwung, sambung Dayat, setidaknya BWSCC mengundang 25 komunitas yang berkegiatan dan aktif di Sungai Ciliwung dan Cisadane.

Seperti, Komunitas Ciliwung Puncak, Peduli Ciliwung Bogor, Ciliwung, Bojong Gede, Ciliwung Depok, KPC Lenteng Agung, KPC Tanjung Barat, Jawara Peci, Ciliwung Condet, Gerakan Masyarakat Bersih Sungai Ciliwung, Tanjungan, KPC Buluh, Masyarakat Peduli Ciliwung.

Selain itu, Cisadane Lestari, Anak Ciliwung, Sahabat Ciliwung, Armad Ciliwung, Jawara Ciliwung, Sahabat Ciliwung Kebogerang, Rescue Ciliwung Community, Sahabat Ciliwung Depok, Sahabat Ciliwung Cilawet, Sahabat Ciliwung Ratujaya, Peduli Lingkungan Kampung Sawah, Anak Linta Ciliwung dan Komunitas Anak Ciliwung Pondok Cina.

“Seluruhnya komunitas yang berkegiatan di Ciliwung dan Cisadane. Semoga silaturahmi ini membawa manfaat untuk kelestarian sungai,” ucap Dayat. (*)

You may also read!

Suami di Depok Cekik Istri Hingga Tewas

DEPOK – Yerimia terbilang sadis terhadap istrinya Risma Sitinjak. Pria berusia 28 tahun itu mencekik Risma hingga tewas, di

Read More...

Luas Tanah Pasar Kemirimuka Depok SK Gubernur dan SHGB Beda

DEPOK – Ada fakta baru yang disajikan dalam pembacaan replik di sidang gugatan Derden Verzet, di Pengadilan Negeri (PN)

Read More...

Hewan Kurban Sehat Diberi Tanda Pin

DEPOK – Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Depok memeriksa hewan kurban di

Read More...

Mobile Sliding Menu