Depok Butuh Gedung Kesenian

In Komunitas Depok, Satelit Depok, Wilayah Depok
IST SENI: Pagelaran Lenong Depok yang di persembahkan oleh Komunitas Betawi Ngumpul, di Lapangan Pemuda, Kelurahan Limo, Kecamatan Cinere, Sabtu (9/12)

DEPOK – Guna menyosialisasikan perundang-undangan baru tentang kemajuan budaya, Ketua Dewan Kesenian Depok, Nurodji melakukan pagelaran penampilan kesenian Perkumpulan Lenong Depok, di Lapangan Pemuda, Kelurahan Limo, Kecamatan Cinere, Sabtu (9/12) dinihari.

Menurut Nurodji, penampilan Lenong Depok ini sudah yang kedua kalinya di Kota Depok. Tujuan dalam penampilan Lenong Depok ini, untuk melestarikan budaya asli Kota Depok yaitu Lenong Depok, sekaligus ikut andil melakukan sosialisasi Undang-Undang tentang Kemajuan Budaya yang baru diresmikan pemerintah pusat.

“Pemerintah pusat baru meresmikan UU No.5 Tahun 2017 pada April kemarin, isinya tentang memajukan kebudayaan bersama dengan pemerintah. Sebagai seniman khususnya asli Kota Depok, kami mendukung Undang-Undang yang ada salah satu bentuk melestarikan budaya sebagai bagian dari kemajuan bangsa,” kata Nuroji.

Selain itu, sebagai penggagas dalam pembuatan UU Kebudayaan, Nurodji yang juga menjabat anggota DPR RI Komisi X Fraksi Gerindra bidang seni dan budaya ini, peduli terhadap kemajuan budaya dan seni di Nusantata khususnya Kota Depok.

“Sebagai warga Kota Depok asli, saya peduli dalam melestarikan nilai budaya dan seni yang ada di Depok. Selama ini pemerintah daerah masih kurang peduli terhadap kebudayaan, hal ini ditindai tidak ada minimnya gedung kebudayaan yang bisa digunakan para seniman,”paparnya.

Dia mengatakan, Provinsi Jawa Barat masih rendah dalam upaya melestarikan budaya, bahkan di Depok belum memiliki hgedung kesenian. “Depok ada gedung seni di Depok 2 tapi belum maksimal dan belum representatif, untuk menggelar pagelaran seni, harus ada upaya pemerintah untuk melestarikan budaya khususnya di Depok,” kata Nuroji.

Terpisah, Direktur Kesenian Kemendikbud RI, Restu Gunawan, mengungkapkan telah diresmikan pemerintah tentang UU No. 5 Tahun 2017 tentang Memajukan Kebudayaan Secara Bersama Dengan Pemerintah.

Dengan demikian pemerintah daerah tidak bisa mengelak untuk ikut mendukung kemajuan budaya yang ada di wilayahnya. “Setidaknya ada suatu dukungan dari pemerintah daerah ada lokasi buat seniman seni lebih modern, misalnya pengadaan gedung kesenian,” ungkapnya. (cr2)

You may also read!

Suami di Depok Cekik Istri Hingga Tewas

DEPOK – Yerimia terbilang sadis terhadap istrinya Risma Sitinjak. Pria berusia 28 tahun itu mencekik Risma hingga tewas, di

Read More...

Luas Tanah Pasar Kemirimuka Depok SK Gubernur dan SHGB Beda

DEPOK – Ada fakta baru yang disajikan dalam pembacaan replik di sidang gugatan Derden Verzet, di Pengadilan Negeri (PN)

Read More...

Hewan Kurban Sehat Diberi Tanda Pin

DEPOK – Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Depok memeriksa hewan kurban di

Read More...

Mobile Sliding Menu