Mengenal Lebih Dalam JCI Chapter Depok, Organisasi Internasional Berafiliasi PBB

In Komunitas Depok, Metropolis
RICKY/RADAR DEPOK
AKTIF : Pengurus JCI Chapter Depok foto bersama usai Locon di Aula Teratai Balaikota Depok, di Jalan Margonda Kecamatan Pancoranmas, Depok

Kota Depok memang tidak memiliki sumber daya alam. Tetapi, punya sumber daya manusia yang patut diperhitungkan. Seperti Junior Chamber International (JCI) Chapter Depok, yang merupakan satu-satunya organisasi kepemudaan dunia non politis dan sektarian.

Laporan : RICKY JULIANSYAH

 

Mengulik sejarah JCI Indonesia, sebenarnya Indonesia telah berinteraksi dan mengembangkan afiliasi JCI sejak tahun 1970-an. Tapi, setelah vakum beberapa tahun, JCI Indonesia berhasil berdiri kembali tahun 1988 di bawah kepemimpinan Sharif Cicip Sutarjo.

JCI Indonesia telah mengembangkan sayap organisasi seluruh kota dan provinsi di Indonesia. Di Indonesia sendiri, JCI mengembangkan gerakan “Indonesia Goes Global” yang bertujuan mendorong kaum Muda Indonesia untuk aktif tampil dan mewarnai globalisasi. Dengan Moto: Global Citizens. Global Actors. Global Power.

Lokal Presiden JCI Chapter Depok, Kamaludin Enuh yang ditemui Radar Depok bersedia meluangkan waktu untuk menceritakan sejarah awal JCI.

Sambil ditemani es teler yang mulai mencair, Kamaludin yang saat iitu mengenakan kemeja batik hijau mengulas satu per satu.

JCI sendiri didirikan awal mula pada tahun 1915 di St, Louis, Amerika Serikat oleh seorang muda bernama Henry Glessembier dengan nama Young Men’s Progressive Civic Association (YMPCPA).

Pada tahun 1918 YMPCPA berafiliasi dengan St. Louis Chamber of Commerce. Seiring dengan berjalannya waktu, semangat dan tujuan JCI merambah ke seluruh dunia. Sekitar tahun 1920an mulai menyebar ke Kanada dan Inggris, tahun 1940 menyebar ke Amerika Latin.

Sampai pada tanggal 4-11 Desember 1944 diselenggrakan Inter-American Conference di Mexico City. Disinilah ditetapkan secara resmi lahirnya junior Chamber International dengan Raul Garcia (Meksiko) sebagai Presiden Dunia yang pertama. “Sejak saat itu setiap tanggal 11 Desember dirayakan sebagai JCI Day (Hari JCI Dunia),” kata Kamaludin.

Kemudian, Kamaludin pun mengulik sejarah singkat tentang berdirinya JCI Chapter Depok. Berangkat dari potensi Kota Depok sebagai Kota pendidikan yang sangat luar biasa yang merupakan jendela Indonesia ke International.

Hal ini sejalan dengan cakupan area Junior Chamber International (JCI) yang sudah ada di 120  negara sehingga Founder JCI Depok yang juga President JCI Jakarta 2013 Y.N. Adri Yanta bersama Agung Wibowo  memutuskan untuk mendirikan JCI Chapter Depok

“Awal mulanya dalam gelombang pendaftaran di akhir tahun 2012 pada saat itu bersamaan dengan 3 chapter lainnya mendaftar ke Indonesia, lalu oleh Founder JCI Depok disepakati Agung Wibowo untuk menjadi President Pertama JCI Chapter Depok pada tahun 2013 lalu,” papar Kamaludin.

JCI Chapter Depok Mulai bergerak diawal tahun 2013 dengan mengadakan January Board Meeting (JBM) untuk membahas Plan Of Action dan Budget of Plan JCI Depok 2013.

JCI Depok ikut berpartisipasi pada National Concention (Natcon) JCI Indonesia 2013 di Bali untuk menentukan diterimanya JCI Depok menjadi bagian dari JCI Indonesia, dengan meningkatkan statusnya dari potensial chapter menjadi Full Afiliasi chapter.

“Dalam perdebatan sengit untuk status full afiliasi JCI depok, founder JCI Depok Y.N. Adri Yanta dapat meyakinkan peserta Natcon untuk menerima status full afiliasi JCI Depok,” terang Kamaludin. (Bersambung)

You may also read!

3.200 Guru Honor di Depok Mogok Ngajar

DEPOK – Pagi ini, ratusan guru honorer si-Kota Depok ontrog gedung DPRD Kota Depok, di Jalan Boulevard, Grand Depok

Read More...

18 Lagu Slank Rockin Fest

DEPOK – Sukses menghentak rangkaian tour Sumatera Agustus lalu. SUPERMUSIC kembali mempersembahkan event bertajuk Rockin Fest. Menariknya, Supermusic kali

Read More...

2020 Pemprov Jabar Tata Situ Depok

DEPOK – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, berencana menjadikan Depok sebagai destinasi wisata situ atau danau. Alasannya, Depok memiliki

Read More...

Mobile Sliding Menu