Rumah Ortu-Adik Bos FT Digeledah

In Metropolis
INDAH/RADAR DEPOK KONDISI: Rumah orang tua bos First Travel Andika Surachman dan rumah Kiki Hasibuan (disegel) di Sukmajaya dan Cimanggis, Rabu (6/9).

DEPOK-Tim Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, maraton mengejar aset milik Bos First Travel (FT) Andika Surachman dan Anniesa Desvitasari Hasibuan. Termasuk adik kandung Anniesa, yakni Kiki Hasibuan. Teranyar, Bareskrim berhasil mengamankan sebuah rumah di Perumahan Citra Pesona Residence, Jalan RTM, Cimanggis. Rumah yang ditaksir seharga Rp300 jutaan tersebut kini kondisinya sudah terbentang garis polisi. Malah, Bareskrim juga sedang mengusut satu rumah lagi milik Kiki di Depok.

Tak hanya itu, dihari yang bersamaan polisi juga kembali menggeledah rumah orangtua bos First Travel Andika Surachman di Jalan Kramat Benda II, Cimanggis Selasa (5/9) malam. Barang dan dokumen disita tim penyidik Bareskrim Polri, dokumen-dokumen tersebut diindikasikan sebagai barang bukti praktik tindak pencucian uang yang dilakukan para bos First Travel.

Satpam Perumahan Citra Pesona Residence, Neman membenarkan  penggeledahan tersebut. Namun saat itu bukan dia yang sedang bertugas jaga komplek.

“Kemarin saya dikasih tahu adik saya yang jaga, katanya ada polisi yang mau menggeledah rumah Kiki Hasibuan. Kalau pihak yang berwenang mau menggeledah ya saya ijinkan. Tapi apa yang dibawa saya juga kurang paham,” katanya kepada Harian Radar Depok, kemarin.

(Baca Beritanya Di Koran Harian Radar Depok. Terbit : Hari ini, 7 September 2017)

Sebelumnya, Jumat (1/9) lalu ada satu orang polisi yang meminta ijin untuk kegiatan penggeledahan. Rumah berwarna merah yang berada tidak jauh dari pos satpam tersebut, saat ini sudah terdapat garis polisi. “Jumat malam ada satu orang polisi yang ijin ke sini. Itu digaris polisi baru Selasa kemarin, tapi digemboknya sudah lama,” ujarnya.

Neman, yang sudah dua tahun bekerja menjadi satpam di komplek tersebut juga belum pernah melihat wajah asli Kiki Hasibuan.

“Selama saya kerja di sini belum pernah lihat. Saya lihatnya di TV setelah tertangkap, karena yang biasanya tinggal di situ anak buahnya. Anak buahnya angkat-angkat barang. Tapi saya tidak tahu apa yang dibawa anak buahnya itu,” bebernya.

Kepala Tim Penelusuran Aset Bareskrim Polri, Kompol Wiranto menjelaskan, rumah kedua Kiki tersebut baru diketahui setelah adik bos First TravelAnniesa Hasibuan itu mengaku memiliki rumah lainnya.

”Dia mengaku punya rumah satu lagi di Depok,” terangnya. Dalam penggeledahan tersebut disita tiga buah koper yang berisi sejumlah barang.

Di antaranya, tas branded, pakaian, surat pemberitahuan pajak terutang, dan sejumlah pelat nomor kendaraan.

Diketahui, rumah tersebut dibeli Kiki pada 2014 lalu. Terkait taksiran harga rumah tersebut, petugas sedang menghitungnya. ”Belum, nanti kita lihat soal harganya,” paparnya.

Seorang penyidik yang tidak ingin disebutkan namanya menuturkan bahwa rumah tersebut juga disita karena diduga dibeli dengan menggunakan uang jamaah First Travel.

Dengan begitu, ada dua rumah Kiki Hasibuan yang telah disita. Sebelumnya, rumah di Jalan Kebagusan Dalam yang ditaksir seharga Rp 2,5 miliar telah disita. ”Rumahnya Kiki ada dua,” terangnya.

Apakah masih ada rumah yang lainnya? Dia mengatakan bahwa penyidik memiliki target sebuah rumah lagi di kawasan Depok. Namun, belum bisa disebutkan alamatnya. ”Nanti akan sampai ke rumah satu lagi,” paparnya.

Ditempat orantua Bos First Travel, salah seorang tetangga IR mengatakan, kebenaran soal penggeledahan tersebut.

“Betul, semalam (Selasa, 5/9) ada polisi yang datang. Ramai sekali sih di sana,” katanya sambil menunjuk arah rumah orang tua Andika.

Ia mengatakan, penggeledahan tersebut terjadi sekitar pukul 08.00 malam. Namun dirinya tidak mengetahui apa saja yang dibawa polisi.

“Malam sekitar jam 08.00, lumayan lama juga polisi di rumahnya. Tapi saya kurang tahu apa yang diambil dan dibawa,” ujar salah seorang tetangga.(ind)

 

You may also read!

Setengah Bulan Tanpa Ilmu, Disdik Depok: Aspirasi Akan Disampaikan ke Pusat

DEPOK – Jika ini benar, anak didik di Kota Depok akan ketinggalan pelajaran. Kemarin, puluhan guru honorer, yang tergabung

Read More...

Pasar Kemirimuka Depok Tidak Bisa Diesekusi

DEPOK – PT Petamburan Jaya Raya (PJR) semakin terpojok saja. Kemarin, dalam sidang lanjutan Derden Verzet, sengketa lahan Pedagang

Read More...

Sebulan TMMD Garap Cipayung, Kota Depok

DEPOK – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 pada Tahun 2018 resmi dibuka, di Lapangan Serong, Kecamatan

Read More...

Mobile Sliding Menu