Kesadaran Pengguna KB Tinggi

In Metropolis

RADAR DEPOK.COM – Kesadaran warga Depok dalam mendukung program Keluarga Berencana (KB) terus meningkat. Peningkatan ini terlihat dari jumlah peserta KB baru pada 2016 yang melebihi target dari 34.413 peserta, menjadi 37.594 peserta di seluruh kecamatan di Kota Depok.

Sekretaris Dinas Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Keluarga dan Masyarakat (DPAPMK) Kota Depok, Erry Sriyanti menuturkan, capaian yang diperoleh tersebut berhasil dilakukan berkat bantuan dari masing-masing Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) di setiap wilayah. Tanpa kenal lelah, PLKB berusaha mengajak masyarakat untuk turut serta dalam ber-KB.

“Alhamdulillah, kesertaan peserta KB lebih dari 100 persen,” tuturnya kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Alat yang digunakan para peserta KB tersebut beragam. Untuk kontrasepsi non hormonal antara lainintrauterine device (IUD), Metode Operatif Wanita (MOW), Metoda Operasi Pria (MOP), serta kondom. Sedangkan untuk kontrasepsi hormonal meliputi implan, suntik, dan pil.

Erry menyebut, alat kontrasepsi yang direkomendasikan untuk digunakan para peserta KB yaitu kontasepsi non hormonal. Selain memiliki jangka waktu yang lebih lama, tingkat persentase terjadinya kehamilan juga relatif lebih kecil.

“Saat peserta KB ingin ber-KB, kami berikan rekomendasi terbaik, namun semua diserahkan kembali kepada masing-masing pengguna KB,” katanya.

Dia berharap, ke depan warga Depok dapat lebih banyak menjadi peserta KB aktif. Dengan begitu, laju pertumbuhan penduduk di Kota Depok bisa terus ditekan.

“KB dimaksudkan untuk menekan laju pertumbuhan penduduk, agar tidak tumbuh dengan pesat,” tutupnya.(ina)

You may also read!

Beli Satu Gratis Satu

DEPOK – Hypermart Depok Town Square (Detos) berikan promo diskon 10 persen untuk beberapa jenis bakerynya. Tak hanya itu,

Read More...

Pegita Ajak Guru di Depok Melek Sejarah

DEPOK – Yayasan Peduli Guru Kita (Pegita) mengajak sedikitnya 120 guru jenjang PAUD-SMA untuk meningkatkan pemahaman sejarah dalam seminar

Read More...

Kolaborasi Bulan Bahasa-Market Day SDN Mekarjaya 10 Depok

DEPOK – SDN Mekarjaya 10 mengkombinasikan dua momen dalam satu kegiatan, yakni Bulan Bahasa dan Market Day. Sehingga, acara

Read More...

Mobile Sliding Menu