Haflatul Wada Bertabur Kesenian

In Pendidikan
KESENIAN: Salah satu pengisi acara pada pelepasan siswa kelas IX MTs Al Husna. Foto: Indah /Radar Depok.

RADAR DEPOK.COM, CIMANGGIS – Usai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMP pada pekan lalu, MTs Al Husna melangsungkan acara Haflatul Wada atau pelepasan kelas IX angkatan ke-31. Bertempat di Gedung Panasonic Gobel, Jalan Raya Bogor-Jakarta, Km29, Jakarta Timur, Rabu (17/5).

“Pelepasan kelas sembilan ini memang diadakan rutin setiap tahunnya. Acara dimulai dengan pembacaan surat yasin, tahlil dan doa. Selanjutnya wisudawan-wisudawati berbaris diiringi tim kentongan ahad menuju gedung,” kata Kepala MTs Al Husna, Edi Suhaedi.

Uniknya, sebelum memasuki gedung, wisudawan disambut dengan tim palang pintu yang beradu silat dan pantun sebagai tanda penyambutan tamu pada adat Betawi.

Lalu tim lengseran Al-Husna menyambut dengan tarian tradisional Sunda dengan bacaan Salawat Nabi.

“Saat prosesi itu memang tim palang pintunya menjadi perhatian banyak orang. Karena mereka menunjukkan aksi kebolehannya dalam berbalas pantun dan beradu silat,” ujar Edi.

Acara inti diisi dengan prosesi sungkeman para wisudawan kepada kedua orangtua dan seluruh guru. Sekaligus dilakukan inaugurasi yang dipimpin Ketua Yayasan Al Husna, KH. Nawawi dan Kepala Madrasah, Edi Suhaedi.

Kemeriahan tidak berhenti sampai di situ. Terdapat penampilan dari paduan suara ahad voice, tari saman dengan gerakan yang cepat dan kompak. Serta penampilan dari tim kentongan ahad yang memainkan tiga lagu

“Tari saman juga jadi salah satu yang menarik perhatian para tamu setelah palang pintu. Karena tarian itu kan gerakannya cepat sekali, jadi terlihat penarinya yang sangat luwes,” tandas Edi. (ind)

You may also read!

Dibongkar, Bangun, Dilarang Lagi

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Setahun lalu tepatnya 15 Juli 2018, ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Grand Depok City dibongkar. Terbaru kemarin,

Read More...

Babinsa Belajar Aplikasi Panic Button

RADARDEPOK.COM, DEPOK– Kondusifitas perlu di jaga, apalagi saat Ramadan, dan berbarengan dengan pengumuman pemenang pemilu 2019. Guna menghalau kejadian

Read More...

Terinspirasi Kehidupan ART, Meniti Sejak 2009

RADARDEPOK.COM – Mungkin sebagian orang menganggap sampah tidak bermanfaat. Namun tidak bagi Serly Susanti, yang berjuang dan meniti karir

Read More...

Mobile Sliding Menu