PGS Buat 20 Sumur Resapan

In Satelit Depok
SURVEI: ASN Kelurahan PGS, Ketua LPM dan BPBDAS Ciliwung menentukan koordinat untuk pembuatan sumur resapan di beberapa titik. Foto: Ricky /Radar Depok.

RADAR DEPOK.COM, PGS – Kelurahan Pasir Gunung Selatan (PGS), Cimanggis, bakal mendapat bantuan pembuatan sumur resapan air bersih sebanyak 20 titik dari program Kementerian Lingkungan Hidup dan Pertanian melalui Balai Penanggulangan Banjir Daerah Aliran Sungai (BPBDAS) Ciliwung yang berkantor di Kota Bogor dan berkolaborasi dengan Universitas Gunadarma.

Lurah PGS, Tedi Mulyono, menyambut baik wilayahnya mendapat jatah program tersebut. Mengingat di PGS masih ada titik banjir yang dikarenakan drainase tidak berfungsi optimal dan di dataran rendah. “Ini banyak manfaatnya, untuk penyediaan air bersih terutama,” tutur Tedi kepada Radar Depok.

Saat ini, katanya, baru sebatas menentuan titik kordinat untuk lokasi sumur resapan. Karena resapan kebanyakan akan dibuat di atas tanah fasos-fasum. “Nanti seperti di musala, sekolahan, masjid, posyandu dan ada beberapa titik di tanah warga, yang tidak keberatan dibuat sumur resapannya,” kata Tedi.

Ketua LPM PGS, Anggoro, mengatakan, sumur resapan khusus untuk menampung air bersih langsung dari talang-talang bangunan, yang nantinya dibuatkan semacam bak kontrol. Sehingga bisa mengontrol kotoran yang ada kemungkinan masuk ke dalam sumur. “Kan dari talang tidak semuanya murni air bersih,” kata Anggoro.

Nantinya, sumur resapan tersebut akan dibuat dengan ukuran lebar satu meter dengan kedalaman dua meter. Setelah jadi diharapkan bisa dimanfaatkan saat musim kemarau tiba. “Tampungam air tersebut bisa membantu memperbanyak air tanah, di samping menampung air bersih,” terangnya.

Ia melanjutkan, di dalam dinding sumur resapan akan dibuat berlubang-lubang serta standarisasi sumur resapan dengan injuk dan batu kali. Sehingga sebanyak apapun air yang akan masuk bisa diserap tanah dengan baik. “Semoga bisa cepat terealisasi dan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh warga,” ujar Anggoro. (cky)

You may also read!

SDN Tanah Baru 5 Depok Bobok Celengan, Untuk Korban Bencana di Sulteng

DEPOK – Aksi sosial SDN Tanah Baru 5 terus berlanjut. Kali ini, programnya adalah Bobok Celengan siswa. Nanti, seperti

Read More...

Pangkalanjati, Depok Bebersih dan Tanam Pohon

DEPOK – Jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kelurahan Pangkalanjati dan Kecamatan Cinere serta sejumlah pengurus lingkungan Kelurahan Pangkalanjati melaksanakan

Read More...

Komunitas Depok Kumpul Jelang Bagen Festival 2018, Wadahi Komunitas di Depok, Siap Berkarya Bersama-sama

Di Minggu (21/10) sore, dalam satu acara seluruh komunitas di Kota Depok berkumpul dan diskusi tentang berbagai karya seni.

Read More...

Mobile Sliding Menu