JPO Cijago jadi Tempat Bermain

In Satelit Depok

 

BERBAHAYA: Seorang anak bermain di JPO Tol Cijago yang menghubungkan lingkungan RT05/04 Kelurahan Cisalak Pasar dengan RT03/06 Kelurahan Curug, Cimanggis. Foto: Ricky /Radar Depok

RADAR DEPOK.COM, CIMANGGIS – Minimnya sarana bermain anak, menyebabkan jembatan penyebrangan orang (JPO) di Tol Cimanggis Jagorawi (Cijago) yang menghubungkan RT05/04 Kelurahan Cisalak Pasar dengan RT03/06 Kelurahan Curug, Cimanggis, dimanfaatkan sekelompok anak untuk menjadi taman bermain mereka.

Salah seorang anak yang bermain di lokasi tersebut, Andriansyah (10), mengaku dirinya kerap bermain di lokasi JPO itu dan tidak tahu akan bahaya yang didapat ketika berkumpul dan bermain bersama teman-temannya. “Sudah sering, ga ada yang larang main di sini,” tutur Andri warga RT01/04 Kelurahan Cipas ini.

Tokoh masyarakat Kelurahan Cisalak Pasar, Endin Komarudin, mengatakan, di wilayahnya memang perlu taman bermain anak, di mana sudah jarang lahan terbuka hijau di wilayahnya seiring pembangunan perumahan.

Saat ini, taman bermain yang ada hanya di fasos fasum perumahan. Sehingga warga yang notabene tinggal di pemukiman penduduk, tidak bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk bermain dan melepas penat.

“Jadi, yang banyak nongkrong di jalan itu anak-anak di pemukiman penduduk yang tidak memiliki sarana bermain anak, tidak bisa disalahkan ketika anak bermain di sana saat tidak ada lahan untuk mereka bermain,” tutur Endin.

Saat ini, yang perlu dilakukan Pemkot Depok adalah penyediaan lahan terbuka hijau atau taman layak anak untuk warga yang tinggal di pemukiman penduduk, baik menggunakan lahan pemerintah atau pembebasan lahan.

“Kalau yang di perumahan sudah jelas ada fasos fasum, sementara pemukiman penduduk, lahannya semakin habis dan beralih fungsi menjadi perumahan. Ini yang perlu dipikirkan,” tandasnya. (cky)

You may also read!

BPJS Kesehatan Optimalisasi JKN-KIS

**Awasi dan Periksa Kepatuhan Pemberi Kerja DEPOK  – Upaya optimalisasi penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) terus

Read More...

Berpikir Cerdas Sebelum Berujar

Pengamat Pendidikan nasional dan Sosial Oleh Drs. Supartono, M.Pd. Kendati Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) telah memakan

Read More...

BPJS Kesehatan Gencar Sosialisasi

  Terjun Langsung ke Masyarakat DEPOK – Dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat

Read More...

Mobile Sliding Menu