Upacara Bendera Dilakukan dengan Benar

In Pendidikan

 

SIAP: Paskibra SDN Mekarjaya 21 mengibarkan bendera merah putih pada upacara Senin (20/2), dengan pembina upacara Kanit Binmas Polsek Sukmajaya, AKP Ahmad Sodikun. Foto: Ist/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Tidak seperti biasanya, upacara bendera kali ini terasa istimewa bagi SDN Mekarjaya 21. Upacara Senin (20/2) kemarin menggunakan atribut lengkap layaknya Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

“Bisa dibilang ini perdana, karena semua petugasnya pakai seragam,” kata pelatih paskibra, Bambang Hartono.

Upacara minggu ini diikuti Kepala Unit Pembinaan Masyarakat (Kanit Binmas) Polsek Sukmajaya, AKP Ahmad Sodikun, dan Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Sukmajaya, Abdul Mutalib.

Saat barisan diistirahatkan, Kanit Binmas AKP Ahmad Sodikun mengaku kagum pada siswa yang bertugas sebagai paskibra. Ia memuji penampilan keseluruhan paskibra SDN Mekarjaya 21.

“Pak Sodikun sampai bilang bagus kepada anak-anak yang bertugas. Beliau senang melihat penampilan mereka saat mengibarkan bendera merah putih,” katanya.

Tidak butuh waktu lama untuk membuat penampilan tersebut terlihat bagus. Hanya dengan kurun waktu empat hari latihan.

“Latihan hanya Selasa, Rabu, Sabtu dan Minggu. Kurang lebih dua jam per hari. Tidak seharian penuh seperti paskibra pada umumnya,” ujarnya.

Bambang mengatakan, saat ini upacara bendera di setiap sekolah banyak yang asal-asalan. Maka dirinya berharap di Depok ada pelatihan paskibra sesungguhnya, guna memupuk rasa nasionalisme siswa dari sejak dini.

“Saya pingin di sini benar-benar ada pelatihan paskibra, karena sudah diatur di undang-undang. Makanya saya ingin sekali melatih siswa-siswi paskibra dengan baik dan benar,” tuturnya.

Upacara itu untuk menghormati pahlawan yang telah gugur di medan perang. Sehingga, dengan adanya upacara, seluruh elemen sekolah dapat mengingat perjuangan pahlawan yang telah berkorban untuk bangsa ini.

“Kita menghormati bangsa dan negara, mulai dari saat pengibaran bendera merah putih, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Itu semua harus dilakukan dengan benar, tidak asal-asalan,” kata Bambang. (cr1)

You may also read!

ustad beben meninggal

GDC Belum Melayat Ustad Beben

IKHLAS : Orang tua Almarhum Beben, Dedeh Rosdinah saat berbincang dengan kerabatnya di Perum Griya

Read More...
Cabor Faji Kota Depok berprestasi

Mengenal FAJI Depok : Raih Emas di Porda dan Kejurnas (2)

JUARA : Atlet FAJI Depok berfoto bersama saat memenangi Kejurnas FAJI di Tasikmalaya. FOTO :

Read More...
Anggota Wantimpres Dato Sri tahir

Dato Sri Tahir, Orang Terkaya di Anggota Wantimpres

Dato Sri Tahir dilantik Presiden Jokowi menjadi anggota Wantimpres 2019-2024, Jumat (13/12). FOTO : JPNN.COM   JAKARTA

Read More...

Mobile Sliding Menu