Pradi : Koperasi-UMKM Tingkatkan Perekonomian

In Metropolis

 

PRODUK UNGGULAN : Kota Depok memiliki pelaku UMKM dengan produk yang beragam dan tentunya inovatif. Foto: Febrina/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Forum OPD Dinas Koperasi dan UMKM (DKUM) Kota Depok merupakan salah satu cara dalam memberikan wadah bagi Koperasi dan para pelaku UMKM.

Penyampaian program dan pelatihan juga akan dilakukan guna menelurkan pengusaha Depok yang berkualitas. Geliat UMKM luar biasa, sehingga mendukung sektor ekonomi di Kota Depok. Tegas Wakil Walikota, Pradi Supriatna selepas menghadiri Forum OPD DKUM, di Wisma Hijau, kemarin.

“Akan banyak program bagi koperasi dan pelaku UMKM guna meningkatkan perekonomian Kota Depok,” ujar Pradi kepada Radar Depok.

Kepala DKUM Kota Depok, M Fitriawan menambahkan, untuk memfasilitasi usaha kecil Pemerintah Kota Depok saat ini sedang mengkaji dan merumuskan mengenai lokasi pembangunan 1000 kios. Pengkajian dilakukan dengan melibatkan pihak wilayah yaitu camat dan lurah untuk mendapatkan lokasi yang strategis sehingga menguntungkan para pelaku usaha dan juga masyarakat.

“Penentuan dilakukan agar lokasi tersebut bisa dikunjungi oleh masyarakat, sehingga bisa selalu ramai. Mudah-mudahan tahun ini bisa terbangun minimal 200 kios,” ujar Fitri.

Fitri mengatakan, lokasi kios ini tidak mesti harus di pasar tradisonal. Karena itu, pihaknya akan mencoba untuk mencari lokasi alternatif di luar itu. Lokasi idealnya tentunya di lokasi yang mudah didatangi masyarakat, seperti taman, terminal atau tempat strategis lain yang masyarakat mudah mengaksesnya.

Selain itu, saat ini juga sedang dilakukan pengkajian mengenai aturan yang akan diberlakukan terkait program ini. Termasuk juga untuk menentukan siapa saja pelaku usaha yang akan mengisi kios-kios tersebut dan bagaimana mekanisme selanjutnya.

“Kita lebih mengutamakan pelaku usaha di wilayah tersebut atau bagaimananya itu yang akan kami godok,” ucapnya.

Di luar program 1000 kios ini, dirinya mengatakan, pihak pemkot juga terus mengingatkan pihak pasar modern, hotel dan tempat yang non fasos fasum untuk menyediakan 2 persen lahan bagi usaha mikro. Penyediaan ruang usaha tersebut diharuskan dan tertuang dalam Perda Kota Depok No 18 tahun 2012 tentang UMKM.

“Kami juga akan coba terus mengingatkan dan mendorong agar mereka menyediakan. Ini dimaksudkan agar masyarakat bisa lebih familiar dengan produk usaha lokal kota Depok,” tutup Fitri.(ina)

You may also read!

Depok Tersisa Tiga Kloter

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemberangkatan jamaah calon haji asal Kota Depok gelombang ke-2 akan segera dimulai. Setelah sebelumnya kelompok terbang

Read More...

Korban Medsos 134 Kasus

RADARDPOK.COM, DEPOK – Belum lama ini viral di media sosial WhatsApp video yang memperlihatkan seorang pria mengalami gangguan jiwa,

Read More...

Gundar Ngaku Pakai Air Tanah

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Kampus ternama di Kota Depok, Gunadarma (Gundar) akhirnya buka suara terkait penggunaan air tanah. Kampus di Jalan Margonda

Read More...

Mobile Sliding Menu