Ajarkan Tatakrama Lewat Program Home Visit

In Pendidikan

 

Ahmad Khoirudin. Kepala Yayasan Arafah

RADAR DEPOK.COM – TK Arafah memiliki berbagai program unggulan untuk membuat siswanya tidak cepat bosan dalam belajar. Seperti fun coocking, berkebun, outing class atau study tour dan home visit.

“Anak-anak itu kita ajarkan belajar, bukan hanya di kelas, namun juga belajar di luar kelas,” kata Kepala Yayasan Arafah, Ahmad Khoirudin, ditemui di kantornya, Jalan Pekapuran RT02/06, Kelurahan Sukamaju Baru, Kecamatan Tapos.

Guna menyinkronkan visi dan misi Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, TK Arafah memadukan konsep ke-Islaman ditambah program yang memang sudah diatur dari Disdik.

Home visit merupakan kegiatan berkunjung ke rumah salah satu siswa yang dituju secara bergiliran. Program ini dilakukan satu bulan sekali, pada minggu terakhir di hari Senin.

“Siswa diajarkan cara tatakrama bertamu dengan program home visit. Kita berkeliling rumah tiap siswa,” katanya.

Saat home visit, siswa diajarkan cara mengucapkan salam, mengetuk pintu, duduk yang sopan, cara berpakaian saat bertamu dan memperkenalkan diri sebelum masuk.

“Kita ajarkan tatakrama. Hal apa saja yang harus dipelajari ketika kita bertamu di rumah orang lain. Apa yang dilarang dan diperbolehkan selama bertamu. Mempelajari ruang apa saja yang ada di rumah tersebut. Apa yang harus dilakukan di rumah. Itu semua termasuk ke dalam pembelajaran wajib kita,” ujar Ahmad.

Sebenarnya program ini sudah dianggarkan sekolah. Termasuk makan dan minum yang disediakan tuan rumah. Orangtua siswa hanya tinggal menunggu giliran kapan akan dikunjungi para siswa.

“Semua persiapan hidangan makanan, minum dan perlengkapan lainnya sudah dibiayai sekolah,” pungkas Ahmad. (cr1)

You may also read!

Ini Aksi Sosial Polwan Polresta Depok dan Beji di HUT ke-71

BERBAGI : Aggota Polresta Depok bersama Polsek Beji melaksanakan Baksos menyambut HUT ke-71 Polwan di

Read More...

Senam Bersama Kelurahan Duren Mekar Semarak

SEHAT : Aparatur kelurahan bersama pengurus lingkungan dan LPM Kelurahan Duren Mekar membuka kegiatan lomba

Read More...

Gerak Jalan Grogol Siapkan Dua Motor

Pupuy Regista.   RADARDEPOK.COM, GROGOL - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Republik Indonesia (RI) di Kelurahan

Read More...

Mobile Sliding Menu