Rp 18 Juta/RTLH Dianggap Tidak Cukup

In Satelit Depok

TINJAU: Ketua FOKUS, Suryadi Tholib bersama Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna meninjau RTLH di RT 02 RW 07, Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, Kamis (29/12). RETNO/RADARDEPOK

 

KUKUSAN – Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna meninjau Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kelurahan Kukusan. Dia melihat beberapa titik RTLH yang kondisinya dibongkar secara keseluruhan, yang ada di RT 02 RW 07 dan RT 01 RW 01.

“Saat ini anggaran yang diberikan memang sekitar Rp 18 juta, memang dirasa tidak cukup, karena paling hanya sekedar berdiri saja,” kata Pradi Supriatna kepada Radar Depok.

Karena itu, dia menuturkan, dengan adanya partisipasi dari masyarakat, RW dan para donator dibutuhkan untuk pembangunan RTLH.

”Makanya partisipasi masyarakat, RW dan donator sangat penting. Inilah Kota Depok yang guyub, empati tinggi dan mudah-mudahan dicatatkan amaliahnya,” ungkapnya.

Dikatakannya, anggaran sebesar Rp 18 juta bisa saja meningkat, apabila Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Depok juga meningkat. Meski begitu, ungkapnya kebijakan tetap ada di Walikota Depok, Mohamad Idris.

“Kebetulan tupoksi saya itu penanggulangan kemiskinan, namun sepenuhnya kebijakan di Walikota (Rp 18 juta/RTLH),” ucapnya.

Dalam peninjauan RTLH tersebut, Pradi pun membantu memberikan sumbangan berupa material daun pintu di RTLH yang ada di RT 02 RW 07. Selain itu, Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Kukusan (FOKUS), Suryadi Tholib pun memberikan sumbangan pembelian lima sak semen kepada warga di RT 02 RW 07.

Sementara itu, Ketua LPM Kelurahan Kukusan, Suaip sepakat, anggaran sebesar Rp 18 juta/RTLH memang tidak mencukupi pembangunan rumah-rumah tak layak huni.

”Paling tidak untuk pengalaman yang lalu, membangun satu rumah yang bongkar habis semuanya itu memerlukan anggaran sebesar Rp 35 juta,” jelasnya.

Suaip menambahkan, untuk RTLH yang membongkar habis seluruh rumah di Kukusan ada empat dari tujuh RTLH yang ada. Ada 1 di RT 02 RW 7, lalu ada tiga di RT 01 RW 01.

“Kebetulan memang empat rumah itu juga ada swadaya penambahan material rumah,” tandasnya. (ret)

You may also read!

Kondisi rumah rusak di cimpaeun angin puting beliung

Berikut Daftar Rumah Rusak Korban Angin Puting Beliung di Cimpaeun

RUSAK : Salah satu rumah warga di RW3, Kelurahan Cimpaeun, Kecamatan Tapos yang rusak karena

Read More...
tahunnya PKK Depok

2019 Tahunnya PKK Depok

PENGHARGAAN : Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida saat menerima penghargaan dari tingkat provinsi.

Read More...
Pradi Supriatna

Pradi Diberi Sinyal Hijau

Pradi Supriatna.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Ketua DPC Partai Gerindra Kota Depok, Pradi Supriatna mendapat sinyal hijau

Read More...

Mobile Sliding Menu